pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Manokwari mulai distribusi logistik ke tiga distrik terjauh

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sejumlah tamu undangan berfoto bersama saat pelepasan distribusi logistik dari KPU Manokwari, Provinsi Papua Barat. ANTARA/Ali Nur Ichsan.
Manokwari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari, Provinsi Papua Barat Sabtu (10/2) memulai distribusi logistik Pemilu 2024 untuk tiga distrik (kecamatan) terjauh di Kabupaten Manokwari yaitu Distrik Sidey, Prafi dan Masni.

Distribusi logistik dihadiri KPU dan Bawaslu Provinsi Papua Barat disaksikan oleh Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, Kejaksaan Negeri Manokwari, Kodam Kasuari, Pemprov Papua Barat dan Pemkab Manokwari.

"Secara keseluruhan, total tps pada sembilan distrik di Manokwari berjumlah 673 tps dengan logistik kotak suara sebanyak 3.365," kata Ketua KPU Manokwari, Christine R Rumkabu di Manokwari, Sabtu.

Ia mengatakan, logistik ke tiga distrik tersebut, KPU Manokwari mendistribusikan 695 kotak suara dengan rincian, Distrik Sidey sebanyak 125 kotak suara untuk 25 tps, Distrik Masni sebanyak 295 untuk kotak suara untuk 59 tps, Distrik Prafi sebanyak 275 kotak suara untuk 55 tps.

Ia mengatakan, logistik yang didistribusikan berupa bilik suara, kotak suara yang sudah berisi surat suara, alat kelengkapan tps lainnya seperti paku, bantalan. Tiap tps mendapatkan lima kotak suara.

Menurutnya, distribusi logistik ketiga distrik tersebut menggunakan truk melalui jalur darat. Hari ini juga logistik akan masuk digudang logistik tingkat distrik dan diterima oleh panitia pemilihan distrik (ppd).

"Nanti H-1 atau tanggal 13 Februari barulah seluruh tps digeser ke masing-masing tps," ujarnya.

Ia menjelaskan, KPU sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan dan Pemkab Manokwari terkait gudang logistik di distrik. Aparat akan melakukan pengamanan dan Pemkab Manokwari melalui kepala distrik yang akan menyiapkan tempatnya.

Ketua Bawaslu Manokwari, Samsudin Renuat mengatakan, seluruh satuan kerja (satker) bawaslu sudah bersiap melakukan pengawasan melekat pada distribusi logistik sesuai wilayah kerja dari distrik hingga tps.

Satker Bawaslu terdiri dari 27 panitia pengawas kecamatan (panwascam), 173 pengawas kelurahan/desa (pkd), dan 673 pengawas tempat pemungutan suara (ptps).

"Saat pergeseran logistik, panwascam dan pkd standby di distrik untuk jemput logistik bersama-sama ppd. Sedangkan saat menuju tps juga dikawal ptps," ujarnya.

Baca juga: KPU Wondama gunakan kapal distribusi logistik pemilu ke daerah pesisir

Baca juga: KPU Tambrauw distribusi logistik ke provinsi melalu darat
Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024
Massa pendukung Prabowo-Gibran tertahan di gerbang masuk GBK Sebelumnya

Massa pendukung Prabowo-Gibran tertahan di gerbang masuk GBK

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah