pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Menparekraf dorong desain karakter dikembangkan jadi wirausaha kreatif

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Taman Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024). ANTARA/HO-Humas TPN Ganjar-Mahfud/am.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong desain karakter dikembangkan menjadi wirausaha yang kreatif agar lebih menggeliat di kalangan masyarakat.

Sandiaga mengatakan menitipkan pesan kepada calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo agar membidik jutaan lapangan pekerjaan baru dapat tercipta dari wirausaha kreatif itu.

"Soal UMKM atau ekonomi kreatif, Mas Ganjar sangat punya komitmen untuk membuka lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi para pelakunya," kata Sandiaga saat acara "Penguin SeliweRun" di Taman Senayan, Jakarta Pusat, Minggu.

Baca juga: Menparekraf dorong program pengentasan kemiskinan dipadukan dalam KTP

Sebelumnya, Sandiaga yang berdarah Gorontalo mempertanyakan makna di balik pinguin dalam acara Penguin SeliweRun kepada Ganjar.

Menurut Ganjar, banyak muda-mudi kreatif di media sosial yang senang waktu Ganjar memberikan respons pertanyaan dengan gambar pinguin hormat.

Ternyata dari sana, ditindaklanjuti muda-mudi itu dengan membuat kaus pinguin, membuat kelompok pinguin, hanya dengan motif senang-senang tapi potensial jika mau dikembangkan lebih serius.

"Tiba-tiba mereka buat jersey (kaus), buat kelompok pinguin. Saya hanya mencoba merasakan apa yang diinginkan mereka. Jadi saya follow (menekan tombol 'mengikuti' akun media sosial) mereka,” kata Ganjar.

Baca juga: Temui anak muda, Ganjar: Industri kreatif Indonesia harus dikembangkan

Pada Minggu pagi ini, Ganjar pun membuktikan keseriusan itu. Acara Penguin SeliweRun yang diadakan di Taman Senayan, Jakarta, mengikutsertakan ribuan pelari, serta anak muda pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selain Distro Ganjar, stan UMKM yang ambil bagian, antara lain Teh Gede Pangrango (Teh GP), Koperasi Desa Sejahtera Indonesia (KoDeSI), Uban Man, serta stan ketahanan pangan dan hilirisasi.

Menurut Ganjar, peluang-peluang yang muncul saat mengembangkan bakat menjadi satu upaya untuk menangkap lapangan pekerjaan.

"Tadi juga ada anak-anak kreatif yang coba menggali bakatnya dan kemudian dimunculkan pada dirinya sisi kewirausahaan. Menurut saya, ini bagian dari cara bagaimana menangkap lapangan pekerjaan," kata Ganjar.

Baca juga: Ganjar: Tekad hapus intimidasi pada wong cilik jadi daya tarik 03

Ke depan Indonesia perlu menyusun strategi lebih matang untuk menangkap peluang pendapatan global dari lisensi hiburan dan karakter, yang diperkirakan mencapai 384,508 juta dolar AS pada 2028.

Misalnya, dengan Peraturan Pemerintah Nomor Tahun 24 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif yang memungkinkan pelaku ekonomi kreatif untuk mengajukan hak kekayaan intelektual sebagai objek pembiayaan.

Harapannya agar lebih banyak wirausahawan yang tertarik untuk menghasilkan kreasi karakter atau gambar yang memiliki kekayaan intelektual (IP Character) dari Indonesia.

Baca juga: Dialog dengan Kadin, Ganjar: Ekonomi kreatif alternatif perekonomian 
Baca juga: Ganjar di Jakarta dan Jabar, Mahfud ke Medan pada hari ke-48 kampanye
Pewarta:
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024
Deklarator Kaukus 89 minta penyelenggara pemilu jaga netralitas Sebelumnya

Deklarator Kaukus 89 minta penyelenggara pemilu jaga netralitas

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus