pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Timnas AMIN: Desak Anies jadi terobosan baru demokrasi di Indonesia

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon Presiden RI Anies Baswedan dalam acara "Desak Anies" di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (28/12/2023). ANTARA/HO-Timnas AMIN/aa.
Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mengatakan bahwa program diskusi Desak Anies merupakan terobosan baru dalam berdemokrasi di Indonesia.

"Desak Anies dianggap sebagai terobosan baru demokrasi di Indonesia," kata Juru Bicara Timnas AMIN Billy David saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, program diskusi yang spesifik menyasar generasi muda itu mampu menumbuhkan kepedulian anak muda terhadap isu politik. Hal tersebut terbukti dari antusiasme tinggi dari masyarakat yang juga aktif membahas Desak Anies di media sosial.

"Seminggu terakhir mengalami pertumbuhan yang signifikan, bahkan tren percakapan di media sosial mengalahkan bahwa percakapan gemoy. Momentum ini tumbuh secara organik, baik oleh influencer, artis, aktivis, maupun netizen umumnya," katanya

Meski menyasar anak muda, kata Billy, isu yang dibahas dalam acara tersebut sangat luas sehingga hal itu bisa memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya tengah mendorong program Desak Anies untuk dapat direalisasikan di banyak tempat sehingga dapat menyasar audiens yang lebih luas.

"Akan didorong lebih banyak lagi di kota/kabupaten lain dan mulai dicoba sektoral. Seperti yang digagas di Banyuwangi, Desak Anies menyasar nelayan," ujar Billy.

Baca juga: Anies sebut perubahan adalah harapan saat ke kampungnya di Sleman
Baca juga: Gerakan Rakyat siapkan bimtek sukarelawan untuk kawal suara AMIN


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023
Anies sebut perubahan adalah harapan saat ke kampungnya di Sleman Sebelumnya

Anies sebut perubahan adalah harapan saat ke kampungnya di Sleman

KPU dukung revisi UU Pemilu Selanjutnya

KPU dukung revisi UU Pemilu