pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

PKS buka opsi bagi Anies untuk kembali pimpin DKI Jakarta

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin usai melakukan pertemuan dengan petinggi partai-partai Koalisi Perubahan di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (15/3/2024). ANTARA/Luthfia Miranda Putri
Jakarta (ANTARA) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta membuka opsi bagi calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan untuk kembali menjabat Gubernur DKI Jakarta melalui ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
"Buat PKS siapa saja, Anies atau selain Anies, yang bisa menjalankan platform bernegaranya yang sudah dibuat oleh PKS untuk masyarakat warga Jakarta, silahkan," kata Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin.

Usai pertemuan dengan petinggi partai-partai Koalisi Perubahan di NasDem Tower, Jakarta, Jumat, Khoirudin menuturkan, pihaknya sudah menyampaikan langsung hal tersebut ke Anies. Namun tentunya menunggu hasil pemilu yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
Dia menegaskan bahwa Anies merupakan aset untuk banyak orang terutama masyarakat Jakarta. Terlebih, PKS DKI Jakarta ingin mengokohkan kembali posisi Gubernur DKI Jakarta dalam ajang Pilkada 2024.
 
"Kita dari tiga partai Koalisi Perubahan, saya Ketua PKS DKI Jakarta ingin menguatkan kembali, ingin mengokohkan kembali untuk merebut Jakarta," katanya.

Baca juga: PKS DKI dukung Khoirudin jadi calon Ketua DPRD DKI
 
Dia yakin PKS bisa menjadi pemenang dan dengan perolehan 18 kursi legislatif mampu meraih posisi Gubernur DKI Jakarta.
 
Menurut dia, dengan adanya eksekutif dan legislatif bersatu maka perubahan Jakarta diharapkan bisa lebih baik karena dikuasai bersama.
 
"Kami sungguh-sungguh berusaha untuk terus mempertahankan koalisi ini sampai pilkada yang akan mulai dari DKI dan mereka (di) DPRD DKI ini akan terus melakukan pertemuan," katanya.
 
Selain itu, dia menuturkan pertemuan ini juga mendiskusikan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) hingga Dewan Kawasan Aglomerasi.

Baca juga: PKS raih urutan pertama perolehan suara DPRD DKI Jakarta
 
Dia menegaskan, pemerintahan ke depan harus terus berpihak terutama masyarakat kecil di Jakarta.

"Nah kepentingan-kepentingan itu yang harusnya kita bergabung atau 'join force' bersama-sama antara PKS, PKB dan NasDem ke depan untuk melindungi itu," ujarnya.

Berdasarkan data di akun Instagram resmi KPU DKI (@kpu_dki) di Jakarta, Selasa (12/3), PKS menduduki posisi tertinggi pada Pemilu 2024 dengan perolehan sebanyak 1.012.028 suara atau 16,68 persen.
Baca juga: PKS DKI wacanakan adanya DPRD tingkat II dalam RUU DKJ
Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024
Airlangga sebut peran besar Golkar menangkan Prabowo-Gibran Sebelumnya

Airlangga sebut peran besar Golkar menangkan Prabowo-Gibran

KPU luncurkan tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pilgub Sultra Selanjutnya

KPU luncurkan tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pilgub Sultra