pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Airlangga sebut peran besar Golkar menangkan Prabowo-Gibran

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sykuran partainya di Badung, Bali, Jumat (15/3/2024). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari.
Badung (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut peran besar partai yang dipimpinnya dalam memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

Airlangga menyebut dari data Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar, sekitar 75 hingga 80 persen kader dan simpatisan partai berlambang pohon beringin memilih pasangan Prabowo-Gibran sehingga bisa meraih suara 58 persen dan menang sekali putaran pilpres.

"Ini tertinggi sepanjang sejarah. Jadi, sejarah yang lalu presiden yang didukung bukan dari Golkar hanya didukung 53 persen, sekarang 75 sampai 80 persen. Artinya benar Partai Golkar betul-betul di depan untuk memenangkan Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Airlangga saat menggelar syukuran keberhasilan Partai Golkar di Kabupaten Badung, Bali, Jumat.

Baca juga: Golkar syukuran di Bali atas kemenangan di 15 provinsi

Atas peran besar tersebut, Airlangga kemudian berhitung bahwa semestinya dalam kepemimpinan Prabowo mendatang, Partai Golkar mendapat porsi lebih besar dalam kabinet.

"Saya sampaikan ke Pak Prabowo soal kontribusi Golkar karena kita menang di 15 provinsi. Itu berarti kita kontribusi 25 persen dari kemenangan 58 persen," ujarnya.

"Jadi, kalau 25 persen, kalau bagi-bagi, ya banyak-banyak sedikit bolehlah. Kita sebut lima (posisi menteri) itu minimal, tetapi kalau dihitung proporsi 25 persen, room (ruang) masih banyak," tambahnya.

Baca juga: Airlangga sebut tak ada skenario Golkar rebut kursi Ketua DPR

Kegiatan syukuran yang dihadiri jajaran petinggi Partai Golkar itu dalam rangka merayakan kesuksesan meraih kemenangan pada 15 dari 38 provinsi saat Pemilu 2024.

Dari data sementara, Partai Golkar berhasil menempatkan sebanyak 102 orang kadernya lolos ke DPR RI.

Terlepas dari kemenangan itu, Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian itu meminta seluruh kadernya tetap mengawal pemerintahan Joko Widodo saat ini.

"Kita harus jaga supaya sukses dan berikut kita ingin pada tahun 2025, begitu tahun anggaran baru, pemerintah baru yang terpilih nanti akan menjadi sukses," ujarnya.

Baca juga: Airlangga sebut Jokowi dan Golkar memang sudah rapat
Baca juga: Airlangga yakin Golkar dapat kursi dalam jumlah signifikan di DPR
Pewarta:
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024
Pleno KPU Jabar dilanjutkan usai Kota Bekasi sampaikan dokumen C1 Sebelumnya

Pleno KPU Jabar dilanjutkan usai Kota Bekasi sampaikan dokumen C1

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim Selanjutnya

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim