pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Polda tempatkan personelnya amankan KPU dan Bawaslu

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Polda masih tempatkan personelnya di Kantor Bawaslu dan KPU Maluku Utara. (Abdul Fatah)
Meskipun pelaksanaan pleno rekapitulasi di KPU Malut tuntas, tetapi seluruh personel tetap disiagakan di Kantor Bawaslu dan KPU
Ternate (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) tetap menempatkan personelnya di seluruh Kantor Bawaslu dan KPU kabupaten/kota di wilayah Malut guna menjaga seluruh dokumen terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2019.

"Meskipun pelaksanaan pleno rekapitulasi di KPU Malut tuntas, tetapi seluruh personel tetap disiagakan di Kantor Bawaslu dan KPU," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar di Ternate, Selasa.

Menurut Kabid Humas, selama pelaksanaan Pemilu 2019 hingga penghitungan, kondisi Malut tetap aman dan damai, sehingga suasana ini tetap terpelihara dan terjaga hingga ada pelantikan pemenang pilpres maupun pileg.

Oleh karena itu, Hendri mengajak seluruh pihak untuk menunggu hasil resmi penghitungan hasil pemilu di KPU pusat dan menghormati seluruh tahapan demokrasi yang sudah dilalui secara bersama-sama.

Sehingga, kalau ada calon anggota legislatif yang merasa keberatan atas hasil pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2019 dipersilahkan untuk memprosesnya sesuai dengan mekanisme berlaku dan tidak menggiring masyarakat untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto sebagai penanggu jawab kamtimbmas menyatakan, dalam proses pengamanan Pemilu 2019 mengapresiasi seluruh penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu Provinsi Malut, atas kerja samanya dalam rangka pengamanan mulai dari awal hingga proses rekapitulasinya tuntas.

Dia mengapresiasi sikap tokoh masyarakat dan tokoh agama yang dengan kesadaran dalam menjaga penyelenggaraan pemilu secara aman, sehingga ada perbedaan pendapat mari bersatu kembali, kalau ada yang kurang puas dengan hasil pemilu ini silahkan di bawa ke Mahkamah Konsitusi (MK) maupun Bawaslu dan jangan lagi libatkan masyarakat.

"Polda Malut tetap melakukan pengamanan hingga adanya penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU pada tanggal 22 Mei nanti," ujar Kapolda.

Dia menyebut, seluruh tahapan pleno penghitungan suara 10 kabupaten/kota di KPU Malut berjalan aman dan kondusif, meskipun ada dinamika selama pelaksanaan rekapitulasi tersebut.

"Saya mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu mulai dari tahapan pleno rekapitulasi seluruh kabupaten/kota, hingga tingkat Provinsi dan untuk semua rangkaian kegiatan ini berjalan aman, tertib, lancar dan alhamdulillah akhirnya tahapan ini telah selesai secara sukses," tuturnya.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019
Ulama Aceh: Harusnya Ramadhan bisa sejukkan suhu politik Tanah Air Sebelumnya

Ulama Aceh: Harusnya Ramadhan bisa sejukkan suhu politik Tanah Air

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus