counter

Komisi Informasi Pusat sebut KPU layak dipercaya

Calon independen minimal didukung 24 ribu calon pemilih
Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman (belakang) dan Komisioner Komisi Informasi Pusat Romanus Ndau (depan) meninjau layar Situng KPU, di kantor pusat KPU, Jakarta, Jumat (26/4/2019). (Antara/) (Suwanti)
Jakarta (ANTARA) - Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP), Romanus Ndau, dalam kunjungannya ke Kantor Pusat Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Jumat siang, mengatakan lembaga penyelenggara pemilu tersebut layak dipercaya.

Romanus mengapresiasi kinerja KPU dalam tiga hal, yaitu teknologi sistem layanan informasi, idealisme sumber daya manusia dan keterbukaan proses pascapemilu yang dilakukan secara terpusat.

Romanus mengatakan bahwa KPU bisa merespon berbagai laporan masyarakat atas dugaan kecurangan maupun kesalahan informasi yang tersebar dengan mekanisme cepat tanggap.

“Ini adalah bukti bahwa, dalam pandangan kami, KPU sangat layak dipercaya,” ucap dia.

Romanus menekankan soal antusiasme publik untuk mengontrol pemilu yang sangat kuat. Hal itu membuat KPU tidak mempunyai sedikit pun peluang untuk melakukan penyalahgunaan wewenang.

Jika terdapat keraguan atas informasi publik tentang pemilu, Romanus mengimbau agar masyarakat bertanya langsung kepada KPU, bukan justru mengembangkan isu secara tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Komisioner KPU Hasyim Asy'ari persilakan bentuk TPF kecurangan pemilu
Baca juga: KPU tingkatkan partisipasi pemilih melalui lomba swafoto di TPS PSU


 

Pilkada 2020 ditunda, perlu alternatif lain

Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019
KPU: 20 kecamatan sudah selesaikan rekapitulasi Sebelumnya

KPU: 20 kecamatan sudah selesaikan rekapitulasi

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai Selanjutnya

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai