pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Sekretaris TKN jelaskan soal cuti Presiden, jawab sindiran Sandiaga

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto. (Antaranews/Riza Harahap)

Aceh Selatan (ANTARA) -  Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, menjelaskan soal cuti Presiden Joko Widodo pada saat kampanye menjawab sindiran dari cawapres 02 Sandiaga Uno.

"Presiden Joko Widodo sebagai capres petahana, tentu mengambil cuti jika menjalankan tugas di luar tugas kenegaraan," kata Hasto Kristiyanto menjawab pertanyaan wartawan di Aceh Barat Daya, Kamis.

Hasto Kristiyanto berada di Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan, dalam rangkaian kegiatan Safari Politik Kebangsaan X ke Aceh, pada 6-9 Maret 2019. 

Hasto menegaskan, jika Jokowi melakukan tugas di luar tugas kenegaraan, misalnya melakukan silaturrahmi dengan masyarakat, tentunya setelah mengambil cuti.

Namun, Joko Widodo sebagai presiden dan sebagai kepala negara, menurut Hasto, jabatan tersebut melekat dengan Jokowi. "Karena tugas-tugas kenegaraan tidak bisa digantikan oleh orang lain," katanya.

Menurut Hasto, sebagai presiden dan sebagai kepala negara, maka Joko Widodo memiliki tanggung jawab untuk bekerja membangun bangsa dan negara.

Dia menjelaskan, Jokowi akan mengambil cuti  sesuai dengan Peraturan KPU, tetapi jabatan sebagai presiden itu tidak bisa terlepas karena cuti. "Jabatan presiden dan kepala negara,  tidak bisa dialihkan karena cuti. Meskipun beliau cuti kampanye, jabatan presiden tetap melekat dalam diri Bapak Presiden Jokowi," kata Hasto. 

Saat ditanya apakah nantinya masa kampanye terbuka Jokowi akan mengambil cuti, Hasto membenarkannya. Menurut Hasto, Jokowi akan berkoordinasi dengan KPU RI untuk mengatur soal cuti kampanye. 

"Ya akan ada beberapa skala prioritas. Katakanlah misalnya Pak Jokowi sedang cuti sekalipun, ketika kepentingan bangsa dan negara memanggil, beliau tetap akan bekerja," tandas Hasto. 

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyindir cuti kampanye yang tidak digunakan capres petahana Joko Widodo alias Jokowi. Sandi mengaku, sangat nyaman saat berkampanye tanpa difasilitasi uang negara. Dia pun telah memilih mundur dari jabatan Wagub DKI Jakarta, sekalipun punya kesempatan untuk cuti.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu no urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan no urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: PDI Perjuangan: Hari Raya Nyepi proses sucikan seluruh kehidupan di alam raya

Baca juga: Sekjen PDIP sebut masakan Aceh dapat menjadi rekomendasi kuliner nusantara

Baca juga: Sekretaris TKN: Presiden Jokowi prioritasnya pembangunan di Aceh

Baca juga: Pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Aceh perlukan kerja sama semua pihak
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
Forum Kiai Palemburan deklarasi dukung Jokowi-Ma'ruf Sebelumnya

Forum Kiai Palemburan deklarasi dukung Jokowi-Ma'ruf

Muhaimin: Spirit perubahan tak boleh terhenti walau Timnas AMIN bubar Selanjutnya

Muhaimin: Spirit perubahan tak boleh terhenti walau Timnas AMIN bubar