Dubes pastikan WNI di AS bisa menyalurkan hak suara

DKPP perintahkan KPU berhentikan Ilham Saputra dari ketua divisi
Duta Besar RI untuk AS, Budi Bowoleksono, di KBRI di Washington DC, Amerika Serikat, Senin (14/1/2019). (M Razi/Antara).
Jumlah pemilih yang merupakan WNI di AS adalah sekitar 51.000 orang."
Washington DC (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Budi Bowoleksono menyatakan bahwa persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Negeri Paman Sam berjalan dengan lancar guna memastikan WNI bisa menyalurkan hak suara mereka.

"Jumlah pemilih yang merupakan WNI di AS adalah sekitar 51.000 orang," kata Budi Bowoleksono di KBRI, Washington DC, Senin waktu setempat atau Selasa WIB.

Menurut dia, dapat dipastikan WNI yang terdaftar sebagai pemilih bisa menyalurkan hak suara mereka baik untuk pemilu legislatif maupun pemilu presiden yang berlangsung serentak itu.

Bahkan, ia mencontohkan bahwa pihaknya juga sampai khusus memastikan bahwa para WNI yang bekerja di kapal pesiar milik perusahaan yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat, juga bisa ikut memilih.

"Ada sekitar 8.000 WNI yang bekerja di kapal pesiar," kata Budi Bowoleksono.

Dubes mengungkapkan, berbagai suara yang dihimpun dari sekitar 15 kapal pesiar itu nanti akan dihimpun di Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berada di San Francisco.

Ia juga menyampaikan, karena adanya pengiriman melalui pos dan sejumlah mekanisme lainnya, maka pemilu di luar negeri biasanya dimulai lebih dahulu dibanding di Indonesia, tetapi hasil pemilihan dihitung pada hari yang sama dengan penghitungan suara di Tanah Air.

Budi juga memastikan bahwa surat suara setelah dicoblos dan dimasukkan ke kotak suara akan dijaga dengan ketat di ruangan khusus yang dipasangi CCTV, sampai dibuka kembali untuk dihitung hasil suara pemilihan tersebut.

5 Komisioner KPU Palembang divonis 6 bulan penjara

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
TKD Jawa Timur minta optimalisasi kepala daerah menangkan Jokowi-KH Ma'ruf Amin Sebelumnya

TKD Jawa Timur minta optimalisasi kepala daerah menangkan Jokowi-KH Ma'ruf Amin

Amien: Pertemuan Jokowi-Prabowo tidak bicarakan pembagian kekuasaan Selanjutnya

Amien: Pertemuan Jokowi-Prabowo tidak bicarakan pembagian kekuasaan