pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

MK minta Bawaslu beri keterangan secara rinci terkait persoalan pemilu

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo (tengah) didampingi Hakim Konstitusi Saldi Isra (kiri) dan Arief Hidayat (kanan) memimpin sidang lanjutan sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Senin (1/4/2024). Dalam sidang tersebut MK memeriksa 11 saksi dan tujuh ahli yang dihadirkan dari pemohon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Jakarta (ANTARA) - Mahkamah Konstitusi (MK) meminta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI untuk memberikan keterangan secara rinci terkait persoalan penyelenggaraan pemilu 2024 yang didapati dan ditangani.

“Saya mohon Bawaslu betul-betul bisa menjelaskan secara detail seluruh persoalan-persoalan,” kata hakim konstitusi Arief Hidayat dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Gedung I MK RI, Jakarta, Senin.

Baca juga: Wapres harap dinamika sidang sengketa pemilu di MK berjalan baik

Arief menilai Bawaslu dalam posisi yang pasif pada persidangan sengketa pemilu ini. Padahal, kata dia, persoalan-persoalan yang ditemui oleh Bawaslu dalam pemilu 2024 penting untuk diketahui agar tidak merugikan para pihak yang berperkara.

“Kalau permasalahan-permasalahan yang muncul pada sebelumnya tidak tertangani dengan baik oleh Bawaslu maka bisa saja itu ditangani oleh Mahkamah. Oleh karena itu maka penjelasan Mahkamah dari Bawaslu mengenai persoalan-persoalan apa saja yang sudah muncul, itu sangat penting untuk diketahui,” ujar Arief.

Baca juga: MK minta KPU serahkan bukti asli formulir C hasil

Sementara itu, hakim konstitusi Enny Nurbaningsih mengatakan Bawaslu perlu mengelaborasi bukti-bukti dari siaran pers mereka terkait temuan 13 jenis masalah dalam pemungutan suara dan enam jenis masalah penghitungan suara di ribuan tempat pemungutan suara (TPS).

“Itu kan ada sekian ribu TPS, itu mohon dapat diberikan bukti yang menunjukkan TPS-nya TPS mana saja, perolehan suaranya seperti apa, baik masing-masing pasangan calon satu, dua, tiga. Lebih lanjut, apa tindak lanjut dari Bawaslu berkenaan dengan hal ini?” kata Enny.

Senada, hakim konstitusi Saldi Isra juga menyoroti temuan Bawaslu bahwa ada 1.473 TPS yang mendapat intimidasi terhadap penyelenggaranya. Saldi meminta temuan itu dijelaskan kepada MK karena hal tersebut bersangkutan dengan dalil yang disampaikan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

“Jadi, supaya ini bisa clear, jadi kita ingin tahu bagaimana korelasinya dengan proses secara keseluruhan. Karena ini poin-poin kunci pada tahapan pemilihan umum,” tutur Saldi.

Diketahui, MK tengah menyidangkan dua permohonan PHPU Pilpres 2024. Perkara satu, yaitu permohonan yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan nomor register 1/PHPU.PRES-XXII/2024.

Sedangkan perkara dua, yaitu permohonan yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md dengan nomor register 2/PHPU.PRES-XXII/2024.

Baca juga: MK jadwalkan panggil empat menteri di sidang PHPU Pilpres pada Jumat
Baca juga: Airlangga tunggu surat panggilan jadi saksi PHPU di MK

 
Pewarta:
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024
Wapres harap dinamika sidang sengketa pemilu di MK berjalan baik Sebelumnya

Wapres harap dinamika sidang sengketa pemilu di MK berjalan baik

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus