pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Peneliti Politik Utama dari BRIN, Prof R Siti Zuhro di Jakarta. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/am.
Jakarta (ANTARA) -
Pengamat politik yang merupakan Peneliti Utama Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Prof R Siti Zuhro menyebut upaya calon presiden Prabowo Subianto untuk merangkul partai politik (parpol) lain non pendukungnya, sesuai dengan janji kampanye yang telah disampaikan.
 
Menurut dia, jika Prabowo berhasil merangkul partai-partai untuk mendukungnya maka posisi politik Ketua Umum Partai Gerindra itu bakal sangat kuat di pemerintahan.

Baca juga: Pengamat sebut kunjungan Prabowo ke NasDem untuk memperluas dukungan

Dia pun menilai kini komunikasi politik dengan partai lain sudah dilakukan oleh kubu Prabowo.
 
"Setelah berhasil berkomunikasi dengan Partai Nasdem, Prabowo ingin melanjutkan safarinya ke PDI Perjuangan dan PPP," kata Zuhro saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
 
Dia mengatakan saat ini posisi dan peran politik PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu 2024 harus diperhitungkan oleh Prabowo. Dengan merangkul partai pemenang, dia mengatakan Prabowo bakal menjalankan model executive heavy.
 
"Posisi Prabowo akan sangat kuat, model executive heavy yang membuat semua kebijakan presiden baru nanti didukung DPR," kata dia.
 
Model politik tersebut, menurut dia, bakal membuat kebijakan-kebijakan presiden nantinya selalu lancar tanpa ada rintangan-rintangan ketika akan diuji di lembaga legislatif atau DPR.
Sebelumnya pada Jumat (22/3), Prabowo Subianto menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh setelah dinyatakan unggul dalam pemilu 2024 oleh KPU. Dalam kesempatan itu, Prabowo pun mengatakan pihaknya selalu mengajak Partai NasDem secara politik.
 
Kemudian sejumlah politisi dari Partai Gerindra, PDI Perjuangan, dan PPP juga mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan bakal ada pertemuan di antara partai-partai tersebut.

Pada masa kampanye, Prabowo Subianto menyampaikan dirinya ingin merangkul semua kekuatan di Indonesia jika memenangi pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024.
 
"Kalau yang diberi mandat Prabowo-Gibran, saya akan merangkul semua kekuatan di Indonesia. Tidak akan ada yang saya tinggalkan," katanya saat berkampanye di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023).
 
Prabowo mengaku bersedia untuk tidak membedakan, baik pendukungnya maupun bukan, ketika terpilih menjadi presiden.
Pewarta:
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024
Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Sebelumnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran