pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Hasto: Semangat pendukung Ganjar-Mahfud kian berkobar selidiki anomali

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan keterangan di kawasan Kebagusan, Jakarta, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Rio Feisal)
Prioritas sekarang mengawal suara rakyat, baik PDI Perjuangan maupun pasangan Ganjar-Mahfud.
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan semangat para pendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. kian berkobar untuk menginvestigasi anomali pada Pilpres 2024

"Pendukung Ganjar-Mahfud makin berkobar semangatnya, terbangun suatu upaya bahwa ada anomali yang harus kami lakukan suatu investigasi lebih lanjut. Jadi, semangatnya bukan malah turun, melainkan tambah bergelora spirit perjuangan kami," kata Hasto di Kantor Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu.

Hasto lantas mengungkapkan salah satu anomalinya adalah pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 yang diusung PDI Perjuangan dan koalisi berada dalam posisi tertinggal, sedangkan PDI Perjuangan adalah partai politik dengan perolehan suara terbanyak pada pileg.

Politikus asal Yogyakarta itu mengatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan tim dari paslon nomor urut 1 untuk masing-masing melakukan investasi terkait dengan Pilpres 2024.

"Kami berkomunikasi dengan Tim 01, mereka juga akan melakukan hal yang sama. Namun, ini tidak digabung. Dalam proses misalnya sidang di MK ini akan menjadi bukti-bukti yang berbeda di mata hukum," ujarnya.

Lebih lanjut Hasto mengatakan PDI Perjuangan terbuka terhadap semua pihak yang ingin bergabung untuk menginvestigasi anomali pada Pilpres 2024.

"Kami membuka terhadap tokoh-tokoh yang terpanggil nuraninya yang melihat suatu keanehan, anomali di dalam demokrasi kita saat ini," kata Hasto.

Ia mengatakan bahwa pihaknya menganggap proses Pemilu 2024 yang berjalan dengan lancar diiringi "awan gelap" demokrasi sehingga mengganggu seluruh legitimasi dari proses demokrasi di Indonesia.

"Bahkan, dari para pengamat dikatakan demokrasi Indonesia mengalami titik nadir dan terburuk dalam pelaksanaan pemilu pasca-Reformasi karena begitu banyak kecurangan masif yang terjadi dari hulu ke hilir," ucap dia.

Baca juga: PDIP ungkap 5 sikap partai pasca-pemungutan suara
Baca juga: TPN buka komunikasi dengan Timnas AMIN usut kecurangan pemilu


Hasto menegaskan bahwa pihaknya menilai terdapat kecurangan dalam seluruh desain pemilu dari hulu hingga hilir.

Oleh karena itu, seluruh struktur PDI Perjuangan bersama sukarelawan saksi dan partai-partai yang tergabung dalam koalisi Paslon 03 terus mengumpulkan fakta-fakta di lapangan terkait dengan indikasi kecurangan masif dalam Pemilu 2024.

"Baru kali ini pasca-Reformasi pemilu diwarnai gerakan civil society, diikuti oleh gerakan dari perguruan tinggi dari para guru besar secara luar biasa. Artinya memang ada suatu persoalan yang sangat fundamental yang berkaitan dengan legitimasi pemilu, baik itu proses maupun dari hasil pemilu itu sendiri," ungkap Hasto.

Menyikapi indikasi kecurangan dalam pemilu 2024, pihaknya mengusulkan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Md. agar membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi seluruh proses pemilu yang ada.

Seiring dengan persiapan tim khusus investigasi, pihaknya turut menunggu penghitungan suara pemilu secara berjenjang selama sebulan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Artinya, tim khusus investigasi juga memiliki waktu kerja selama sebulan. Prioritas sekarang mengawal suara rakyat, baik PDI Perjuangan maupun pasangan Ganjar-Mahfud," katanya.

Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 diikuti pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024
Peneliti: Presiden terpilih perlu prioritaskan kesejahteraan guru Sebelumnya

Peneliti: Presiden terpilih perlu prioritaskan kesejahteraan guru

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus