pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Peneliti: Presiden terpilih perlu prioritaskan kesejahteraan guru

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Arsip foto - Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto usai debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aa.
Peningkatan kesejahteraan guru adalah hal yang harus diprioritaskan Presiden terpilih
Jakarta (ANTARA) - Peneliti Muda Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Natasya Zahra menyatakan presiden Indonesia yang terpilih pada Pemilu 2024 perlu memprioritaskan kesejahteraan guru demi terciptanya dunia pendidikan yang lebih baik.

“Peningkatan kesejahteraan guru adalah hal yang harus diprioritaskan Presiden terpilih,” katanya kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Natasya menuturkan kesejahteraan guru perlu diprioritaskan karena menurut survei World Bank 2020 ternyata kesejahteraan yang rendah yakni gaji rendah memiliki dampak langsung pada tingkat kehadiran guru di kelas.

Menurutnya, apabila gaji rendah maka guru akan lebih memilih untuk mengerjakan pekerjaan sampingan sehingga dapat berdampak pada kualitas pendidikan yang diterima siswa karena minimnya pendampingan oleh guru.

Baca juga: Prabowo sebut kemenangannya untuk seluruh rakyat Indonesia
Baca juga: Akademisi nilai program AMIN untuk kesejahteraan guru sudah lengkap 


Ia mengatakan fakta menunjukkan bahwa guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) memiliki tingkat kehadiran yang lebih tinggi dari guru nonPNS.

“Itu karena tunjangan kinerja yang akan mereka dapatkan juga dinilai dari tingkat kehadiran di kelas,” ujarnya.

Pemerataan kesejahteraan khususnya untuk guru honorer baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta juga masih perlu menjadi perhatian.

Natasya menyebutkan anggaran pemerintah selama ini masih terfokus pada guru honorer di sekolah negeri yang kemudian berpotensi menimbulkan ketimpangan distribusi guru pada jenis sekolah swasta.

Tak hanya itu, belum memadainya kesejahteraan turut berdampak pada distribusi guru seperti proses distribusi guru ke daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) yang tidak berjalan lancar, karena keengganan mereka untuk meninggalkan daerah asalnya.

Baca juga: Anies-Muhaimin siapkan 10 program nyata untuk guru di Indonesia
Baca juga: Ganjar sebut bakal tingkatkan kesejahteraan guru PAUD

 
Pewarta:
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024
Mengintip pemungutan suara Pemilu 2024 di rumah adat Asmat Sebelumnya

Mengintip pemungutan suara Pemilu 2024 di rumah adat Asmat

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran