pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Anggota KPPS di Gorontalo bertugas dalam keadaan terinfus

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Anggota KPPS di TPS 8 Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, bernama Apriliya Pitaloka Buloto (20) tetap menjalankan tugas meski dalam kondisi ter-infus. (ANTARA/HO-dokumentasi PPK Telaga)
Gorontalo (ANTARA) - Anggota kelompok panitia pemungutan suara (kpps) di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo tetap menjalankan tugasnya meski dalam kondisi ter-infus.

"Kami sudah menyarankan yang bersangkutan untuk beristirahat dan digantikan dengan anggota kpps lainnya, namun beliau gigih tak bergeming ingin tetap melaksanakan tugas hingga usai," kata Ketua Divisi Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo Hendrik Imran di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan mendapat laporan dari panitia pemilihan kecamatan (ppk) terkait kondisi satu orang kpps di TPS 8 Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo bernama Apriliya Pitaloka Buloto (20).

Petugas kpps tersebut merasa kelelahan. Dia bertugas sebagai anggota kpps yang membuka setiap surat suara untuk diteliti dan diumumkan oleh Ketua kpps.

"Kami sarankan kepada yang bersangkutan untuk memilih beristirahat namun dia memaksa ingin tetap menjalankan tugas," kata Hendrik.

Pihaknya meminta seluruh petugas kpps agar tetap memperhatikan kesehatan.

"Jangan memaksakan diri agar tidak jatuh sakit sebab mereka dapat melaksanakan tugas secara bergantian. Apalagi diperkirakan proses penghitungan suara dan rekapitulasi bisa berlangsung hingga dini hari," kata Hendrik.

Pihaknya juga terus memantau situasi di seluruh tps, kemudian melalui PPK di seluruh Wilayah kecamatan di kabupaten dan kota se-Gorontalo untuk terus mengingatkan petugas kpps agar makan dan minum untuk suplai energi agar kondisi tubuh tetap fit, serta mengkonsumsi vitamin yang telah dibagikan.

Bagi yang merasa perlu memakai pakaian lebih tebal seperti jaket agar dapat digunakan mengingat hujan masih mengguyur Gorontalo.

Pihak PPK juga terus diingatkan untuk segera melaporkan kondisi kesehatan atau stamina para kpps ke petugas kesehatan yang disiapkan di setiap desa.

"Meski tidak setiap desa dijaga oleh satu orang petugas kesehatan namun pelayanan dilakukan bergerak sehingga setiap saat bisa menghubungi," kata Hendrik.

Sejauh ini, tercatat lima orang petugas kpps di Gorontalo mengalami gangguan medis dengan kondisi variatif.

Ada petugas yang mengalami kelelahan, ada yang pingsan, juga stroke.

Petugas kpps yang mengalami kelelahan dan tidak dapat melanjutkan tugasnya, terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

"Sementara bagi yang memilih bertahan, dianjurkan melaksanakan tugas secara bergantian dengan tetap memperhatikan stamina," kata Hendrik.

Baca juga: Dokter bagikan kiat menolong anggota KPPS yang pingsan dan keracunan

Baca juga: Delegasi parlemen dunia kunjungi TPS dengan KPPS perempuan di Bali
Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024
Massa bergemuruh sambut Prabowo-Gibran di Istora Senayan Sebelumnya

Massa bergemuruh sambut Prabowo-Gibran di Istora Senayan

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran