pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Posko bersama Pemilu 2024 di Jakbar bisa jadi wadah koordinasi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Pembentukan posko bersama Pemilu 2024 di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa (9/1/2024). ANTARA/ Risky Syukur.
Posko ini bertujuan untuk menciptakan suasana kondusif

Jakarta (ANTARA) - Kehadiran posko bersama Pemilu 2024 di Jakarta Barat bisa menjadi wadah koordinasi antara pemerintah daerah, penyelenggara pemilu, seluruh peserta pemilu, masyarakat, dan unsur-unsur lainnya yang ada di wilayah.

Posko yang mulai dioperasikan pada hari ini akan menjalankan fungsinya hingga 29 Februari 2024.

"Posko ini bertujuan untuk menciptakan suasana kondusif demi  suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di  DKI Jakarta,” kata Asisten Pemerintah Jakarta Barat, Sigit Wijatmoko di Jakarta, Selasa.

Sigit merinci beberapa tujuan praktis posko tersebut dibuat yakni: Pertama, melakukan sosialisasi dan pemantauan pelaksanaan pemilu di wilayah masing masing. Kedua, melakukan sosialisasi  untuk menciptakan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses berdemokrasi.

“Melalui posko ini kita akan bekerjasama secara intensif untuk menyebarkan informasi mengenai hak dan kewajiban pemilih, prosedur pemilihan serta pentingnya peran aktif masyarakat dalam proses penyelenggaraan pemilu,” kata Sigit.

Kemudian, ucap Sigit, posko itu juga bertujuan menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pemilu di DKI, baik itu dari segi teknis, logistik maupun keamanan.

“Dengan hadirnya posko ini kami berharap dapat secara proaktif mengidentifikasi potensi permasalahan serta mencari solusi terbaik agar pelaksanaan penyelenggaraan pemilu dapat berjalan dengan lancar dan adil serta transparan,” kata dia.

Lebih lanjut, posko bersama ini juga memiliki peran strategis dalam memberikan saran penyelesaian permasalahan-permasalahan menyangkut penyelenggaraan pemilu di DKI.

"Setiap masukan dan saran yang konstruktif dari pemangku kepentingan diharapkan dapat menjadi bekal berharga bagi penyelenggara pemilu untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilu," kata Sigit.

Ia juga menyatakan pentingnya komunikasi yang baik antar penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan seluruh pemangku kepentingan.

“Melalui komunikasi yang terbuka dan transparan kita dapat membangun kepercayaan dan kerjasama yang kokoh sehingga tercipta iklim demokrasi yang sehat dan terus berkembang,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakbar, Hendra Hidayat mengungkapkan Pemkot Jakarta Barat telah menyiapkan sarana dan prasarana kelengkapan posko bersama Pemilu tahun 2024 tingkat Kota Jakarta Barat.

“Insya Allah sarana prasarana, kelengkapan dan perlengkapan yang terkait dengan seluruh kegiatan Pemilu 2024 di tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat sudah disiapkan,” ujarnya.

“Hadir bersama kami unsur Forkopimko (Forum Komunikasi Pimpinan Kota), parpol (partai politik), KPU,  Bawaslu, dan lembaga terkait lainnya," kata Hendra.

Pihaknya telah menyiapkan daftar piket untuk pelaksanaan kegiatan ini dari mulai pukul 08.00-16.00, baik dari unsur Forkopimko maupun unsur terkait lainnya.

"Posko ini telah resmi kita aktifkan mulai hari ini sampai 29 Februari 2024," kata Hendra.
Baca juga: Posko Bersama Pemilu 2024 di Jakpus resmi beroperasi
Baca juga: 76 posko Pemilu 2024 akan disiagakan di Jakarta Timur
Baca juga: Mahfud MD pastikan Pemerintah pantau pengaduan terkait Pemilu 2024

Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024
Buku selalu jadi "buah tangan" Anies untuk keempat anaknya Sebelumnya

Buku selalu jadi "buah tangan" Anies untuk keempat anaknya

Relawan tak minta imbalan setelah berhasil menangkan Prabowo-Gibran Selanjutnya

Relawan tak minta imbalan setelah berhasil menangkan Prabowo-Gibran