pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ganjar girang atas respons masyarakat terkait penampilannya saat debat

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam wawancara khusus di kediamannya, Jalan Taman Patra Raya, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela.
narsis juga saya
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku senang atas respons warga terhadap penampilannya saat debat pertama pada Selasa (12/12) malam.

“Saya tiap hari lari, tiap hari jalan masuk kampung. Pada habis (debat) jalan pagi agak berbeda memang, yang menyapa saya lebih banyak dan kalimatnya; mantap Pak tadi malam, Pak,” kata Ganjar dalam wawancara khusus di kediamannya, Jalan Taman Patra Raya, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu.

“Saya senang aja sih, minimal klaim sayalah hari ini. Ya masa saya menggulung-gulungkan saya sendiri? Kan lucu juga, narsis juga saya, tetapi lebih banyak orang yang menyapa,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa turut membicarakan respons warga seusai debat tersebut dengan sang istri, Siti Atikoh.

“Lalu saya tanya istri saya, bunda sadar enggak tadi malam banyak orang yang menyapa? Oh iya, oh iya ya? Tadi ya? Sampai ngejar-ngejar minta foto terus sambil bisik-bisik; mantap Pak tadi malam, kita di bawah makin yakin gitu,” ujarnya.

Sementara itu dalam debat, Ganjar mengatakan bahwa strategi penyelesaian permasalahan HAM dan konflik di Papua adalah dengan tetap mengutamakan dialog.

Hal itu disampaikan Ganjar untuk menanggapi strategi yang dikemukakan oleh capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

"Tetapi menurut saya rasanya tidak cukup Pak Prabowo, karena dialog menurut saya menjadi sesuatu yang penting agar seluruh kekuatan yang ada di sana, seluruh kelompok yang ada di sana bisa duduk bersama menyelesaikan itu. Itu menurut saya roots (akar) masalahnya," kata Ganjar.

Ganjar kemudian menanyakan kepada Prabowo apakah setuju untuk melakukan dialog sebagai strategi penyelesaian HAM dan konflik di Papua.

"Pertanyaan saya simpel saja apakah bapak setuju dengan model dialog yang saya tawarkan itu?" tanya Ganjar kepada Prabowo.

"Benar saya sangat setuju. Kita harus ada pendekatan dialog, benar," jawab Prabowo.

KPU RI menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 dan 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.

Baca juga: TKN ungkap alasan Prabowo masuk pemerintahan

Baca juga: Prabowo berjanji berikan amnesti untuk akhiri konflik di Papua

Baca juga: Yandri Susanto sebut Prabowo Subianto adalah patriot sejati
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023
Relawan Penerus Negeri rekomendasikan kebijakan untuk Prabowo-Gibran Sebelumnya

Relawan Penerus Negeri rekomendasikan kebijakan untuk Prabowo-Gibran

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN Selanjutnya

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN