pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Polda Lampung amankan kampanye pemilu di sejumlah lokasi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Polisi mengamankan salah satu lokasi yang dipakai sebagai tempat kampanye oleh peserta pemilu. Bandarlampung, Kamis, (7/12/2023). ANTARA/HO-Polda Lampung.

Bandarlampung (ANTARA) - Polda Lampung  menerjunkan ratusan personel guna mengamankan kegiatan kampanye calon anggota Dewan Perwakilan daerah (DPD), calon legislatif (caleg) dan calon presiden yang berlangsung di sejumlah titik di provinsi ini.

"Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kegiatan kampanye yang dilakukan para kontestan pemilu dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, di Mapolda Lampung, Kamis.

Dia menyebutkan bahwa pada masa kampanye yang memasuki hari kesepuluh, di provinsi itu terdapat sejumlah kegiatan dari peserta pemilu yang berlangsung di sejumlah wilayah,
salah satunya salah satunya yakni Capres Nomor 1 Anies Baswedan.

"Pengamanan ini bentuk nyata komitmen Polda Lampung dan jajaran dalam mendukung suksesnya proses demokrasi Pemilu 2024 yang sedang berjalan,” kata dia.

Ia pun mengimbau para kontestan, tim sukses dan relawan untuk melakukan kampanye yang santun tanpa menghina, menghasut, dan mengadu domba.

"Hal itu agar proses demokrasi yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan aman damai dan sejuk," kata dia.

Umi juga menyampaikan, perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar dalam berdemokrasi, oleh karena itu masyarakat diminta untuk menjaga sikap toleransi dan persatuan yang selama ini sudah terbangun dengan baik.

"Mari kita sukseskan pesta demokrasi ini dengan menolak segala bentuk provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan dan mengganggu jalannya pesta demokrasi," kata dia.

Pemilu Anggota Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu Anggota Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu Anggota Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023
Pengamat anggap wajar Megawati di garda terdepan Pilpres 2024 Sebelumnya

Pengamat anggap wajar Megawati di garda terdepan Pilpres 2024

MK mulai gelar sidang perdana perkara PHPU Pileg 2024 Selanjutnya

MK mulai gelar sidang perdana perkara PHPU Pileg 2024