pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pakar: Prabowo-Gibran utamakan tindakan konkret saat kampanye

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sejumlah relawan mengacungkan dua jari saat Konsolidasi TKD Prabowo - Gibran Provinsi Jawa Barat di The House Convention Hall, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/YU/aa.
Jakarta (ANTARA) -
Pakar politik Universitas Andalas Asrinaldi menilai Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada hari pertama kampanye Pilpres 2024 mengedepankan kesan untuk bertindak konkret daripada menyampaikan berbagai gagasan.

Asrinaldi mengatakan hal tersebut dengan menilai kegiatan kampanye Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang membagikan paket makan siang gratis dan susu kepada masyarakat di beberapa lokasi.

"Ini tindakan konkret. Dengan membagikan itu, ada rasa kedekatan emosional masyarakat yang menganggap seperti inilah presiden yang akan mereka pilih," kata Asrinaldi saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Rabu.

Baca juga: TPN: Awal kampanye, aparat- penyelenggara Pemilu masih sesuai jalur

Dia menjelaskan metode kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 itu berbeda dengan paslon lain pada hari pertama kampanye.

Paslon lain, kata Asrinaldi, berkampanye dengan berkunjung ke daerah-daerah untuk membagikan gagasan dan program kepada masyarakat.

Hal tersebut pun baik, katanya, karena masyarakat dapat teredukasi dengan program yang disampaikan para paslon peserta Pilpres 2024.

"Pasangan lain mungkin pada tataran ide. Sekarang terserah masyarakat menilai mana lebih baik, ide saja atau konkretnya," jelasnya.

Baca juga: Timnas AMIN: Generasi Z dan milenial jadi penyumbang ide visi dan misi

Asrinaldi menambahkan masyarakat generasi milenial yang menjadi pangsa pasar utama pasangan Prabowo-Gibran juga harus mendapatkan edukasi dengan program yang dekat dengan anak muda.

Dengan hadirnya program-program tersebut, katanya, maka aspirasi dan suara anak muda akan mudah terwakili.

"Ini baru awal kampanye, jadi kita tunggu apakah dalam 75 hari ke depan ada gagasan terkait start up untuk milenial atau kemudahan lain yang ditawarkan dalam berusaha," ujar Asrinaldi.

Sebelumnya, pada hari pertama kampanye Pemilu 2024, Selasa (28/11), capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkunjung ke Kabupaten Merauke, Papua Selatan, dan cawapres Mahfud MD ke Aceh.

Kemudian, capres nomor urut 1 Anies Baswedan berkampanye di Jakarta dan Bogor; sedangkan cawapres Muhaimin Iskandar mendatangi basis pendukungnya di Jawa Timur.

Baca juga: Partai Demokrat siap kampanye bareng Prabowo-Gibran

Terakhir, pasangan Prabowo-Gibran memilih untuk belum mengambil cuti kampanye dan masih bekerja sebagai menteri pertahanan dan wali kota Surakarta.

Prabowo mengikuti rapat internal dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, dan Gibran tetap bertugas sebagai kepala daerah Kota Surakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca juga: Prabowo belum ambil cuti pada hari kedua kampanye Pilpres 2024
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023
Kemkominfo koordinasi dengan BSSN dan KPU cek dugaan kebocoran data Sebelumnya

Kemkominfo koordinasi dengan BSSN dan KPU cek dugaan kebocoran data

Tak ada sengketa, KPU Cilegon tetapkan anggota legislatif terpilih Selanjutnya

Tak ada sengketa, KPU Cilegon tetapkan anggota legislatif terpilih