pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Sudirman ungkap JK tidak bergabung di Timnas AMIN

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua Pelaksanan tim nasional (Timnas) pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) Sudirman Said. ANTARA/HO-Tim Media AMIN/aa.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Pelaksana tim nasional (Timnas) pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) Sudirman Said mengatakan tokoh nasional Jusuf Kalla (JK), tidak bergabung dalam tim pemenangan Pemilu 2024.

"Pak JK mungkin tidak bisa bergabung karena beliau Ketua Palang Merah Indonesia (PMI)," katanya di Jakarta, Kamis.

Sudirman mencontohkan dia sebagai sekretaris PMI telah mengundurkan diri dari kepengurusan, karena menjaga netralitas PMI dan etik diantara seluruh tim kampanye.

Sementara terkait nama Sutiyoso, Sudirman memastikan akan segera bergabung di Timnas AMIN. Hal itu dikarenakan Sutiyoso juga sebagai dewan pembina Partai NasDem.

Sudirman juga mengklaim jika banyak tokoh nasional yang siap bekerja untuk pasangan Anies-Muhaimin, tetapi tidak ingin masuk dalam tim secara resmi.

"Itu adalah tabungan tenaga, para tokoh yang bekerja di balik layar, tapi kemudian tidak bersedia namanya dicantumkan dalam Timnas," ungkapnya.

Sudirman juga menegaskan dalam waktu dekat, line up (susunan) Timnas AMIN yang lebih besar dan lengkap segera diumumkan ke publik.

"Segera diumumkan dalam satu sampai dua hari ke depan. Line up Timnas AMIN yang telah diumumkan oleh Pak Anies dan Gus Imin," ujarnya.

Sudirman menambahkan, sejumlah tokoh senior akan masuk mengisi posisi sebagai dewan pembina, dewan pakar, dan dewan pengarah. Dewan pembina diisi elemen pimpinan tertinggi partai politik. Dewan pengarah gabungan unsur partai politik dan pakar. Dewan pakar diisi para ahli, profesor, dan pakar yang selama ini sudah berkontribusi menyusun visi, misi, dan program AMIN.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Peserta Pilpres 2024 terdiri atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies dan Kapten Timnas AMIN bahas langkah politik dengan Surya Paloh
Baca juga: Anies Baswedan sebut nomor urut selalu ada hikmahnya
Baca juga: Anies Baswedan soal tidak berpidato: Kami dwitunggal
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023
Kejagung terbitkan INSJA untuk sukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 Sebelumnya

Kejagung terbitkan INSJA untuk sukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024

Muhaimin: Spirit perubahan tak boleh terhenti walau Timnas AMIN bubar Selanjutnya

Muhaimin: Spirit perubahan tak boleh terhenti walau Timnas AMIN bubar