counter

Masyarakat Bangka Belitung agar sabar tunggu hasil rekapitulasi Pemilu

Airlangga Hartarto secara aklamasi terpilh jadi Ketua Umum Partai Golkar
Ilustrasi rekapitulasi Pemilu 2019. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Pangkalpinang (ANTARA) - KPU Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat bersabar menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif Pemilu 2019.

"Saat ini penghitungan suara Pilpres dan Pileg masih dalam proses ditingkat kecamatan, kabupaten/kota," kata Ketua KPU Kepulauan Babel, Davitri, di Pangkalpinang, Sabtu.

Menurut dia saat ini penghitungan hasil Pemilu tingkat TPS sudah tuntas, kecuali TPS yang melakukan pemungutan suara ulang (PSU). Sementara untuk di tingkat kecamatan, kabupaten/kota belum selesai.

"Kita menargetkan Mei tahun ini penghitungan suara yang dilakukan secara manual di kabupaten/kota dan provinsi tuntas, sehingga masyarakat mengetahui siapa calon presiden yang unggul di daerah ini," ujarnya.

Ia mengatakan meskipun telah ada sejumlah lembaga survei merilis hasil quick count,

meskipun telah ada sejumlah lembaga survei merilis hasil quick count, namun demikian hasil resmi pemilu ini dikeluarkan KPU yang melakukan penghitungan secara manual dan berjenjang.

"Proses penghitungan suara cukup panjang dimulai dari TPS, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga dibawa ketingkat nasional. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan bersabar menunggu hasil resmi dari KPU," katanya.

Ia menambahkan pada hari ini, KPU kabupaten/kota melaksanakan PSU di tujuh TPS. Tujuh TPS yang melaksanakan PSU pada Sabtu (27/4) yaitu TPS 04 Kelurahan Kacang Pedang Kota Pangkalpinang, TPS 04 Air Mesu dan TPS 10 Desa Beluluk Kabupaten Bangka Tengah.

Selanjutnya TPS 04 Desa Tempilang Kabupaten Bangka Barat, TPS 04, 09, 08 Desa Gantung Kabupaten Belitung Timur, karena adanya kesalahan prosedur pada Pilpres dan Pileg yang digelar pada 17 April 2019 secara serentak di Indonesia.
 
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019
Kapolrestabes Surabaya bagi jeruk ke petugas pemungutan suara ulang Sebelumnya

Kapolrestabes Surabaya bagi jeruk ke petugas pemungutan suara ulang

Tes usap COVID-19 Machmud Arifin - Mujiaman Sukirno Selanjutnya

Tes usap COVID-19 Machmud Arifin - Mujiaman Sukirno