counter

Kapolrestabes Surabaya bagi jeruk ke petugas pemungutan suara ulang

Mendagri ajak kontestan Pilkada adu gagasan penanganan Covid-19
Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan (kiri) saat memberikan jeruk kepada petugas penyelenggara Pemilu yang diwakili Ketua PPS Kelurahan Lidah Kulon Sugeng Pramono di TPS 11, Sabtu (27/4/2019). (Foto Fiqih Arfani)

Surabaya (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan membagikan buah jeruk kepada petugas penyelenggara pemilu di tempat pemungutan suara 11, yang merupakan lokasi pemungutan suara ulang di kawasan Lidah Kulon Surabaya, Sabtu siang.

“Petugas KPPS itu lelah makanya jangan lupa makan buah. Ini ada sedikit jeruk agar selalu semangat,” ujarnya di sela meninjau TPS PSU di Balai RW 02, Kelurahan Lidah Kulon, Surabaya.

Kapolrestabes membawa sembilan kilogram jeruk mandarin yang dikemas dalam satu kotak keranjang, ditambah satu dos botol air mineral.

Selain untuk petugas KPPS, kata dia, jeruk tersebut juga dipersilakan untuk dibagi kepada aparat kepolisian, pengawas, bahkan awak media yang meliput proses PSU.

“Jangan sampai kecapekan dan semua harus tetap semangat. Jangan lupa jaga kesehatan,” ucap perwira menengah yang tidak lama lagi bakal menjabat Wakapolda Lampung tersebut.

Di TPS 11, Kapolrestabes yang menggunakan bus saat ke lokasi didampingi sejumlah kepala satuan di tingkat Polrestabes serta Kapolsek Lakarsantri Kompol Dwi Herry.

Ia disambut ketua PPS Lidah Kulon Sugeng Pramono, komisioner KPU Kota Surabaya Miftakul Gufron serta komisioner Bawaslu Kota Surabaya Hadi Margo Sumbodo.

Karena masih dalam proses pemungutan suara, Kapolrestabes dan rombongan tidak diperkenankan masuk ke area TPS sehingga hanya meninjau dari luar.

“Pemantauan kami, Alhamdulillah suasana ketertiban dan keamanan kondusif. Bahkan, di TPS ini antusias pemilih sangat luar biasa karena sudah sekitar 70 persen hadir,” katanya.

Hingga pukul 12.00 wib, dari 289 pemilih yang masuk pada daftar pemilih tetap, jumlah warga yang datang sudah hampir 200 orang.

Sementara itu, digelarnya PSU di TPS 11 karena saat Pemilu 17 April 2019 terdapat seorang pemilih yang menggunakan form A-5, namun mencoblos seluruh kertas suara, padahal seharusnya cukup kertas suara untuk pemilihan presiden dan calon anggota DPD RI.

Karena itulah, pada kesempatan PSU kali ini, pemilih menggunakan hak suaranya untuk mencoblos tiga kertas suara saja, yakni daerah pemilihan V DPRD II (Kota Surabaya), dapil I DPRD I (provinsi) dan dapil I DPR RI (pusat).

Total daftar pemilih tetap di TPS tersebut, yakni 289 orang dengan rincian 131 laki-laki dan 158 perempuan.

KPK cecar 24 pertanyaan ke Sekjen PDIP

Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019
Bawaslu Jaktim: Pemungutan suara ulang berjalan lancar Sebelumnya

Bawaslu Jaktim: Pemungutan suara ulang berjalan lancar

KPU sederhanakan surat suara pemilu serentak 2024 Selanjutnya

KPU sederhanakan surat suara pemilu serentak 2024