pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Emil tegaskan sudah cuti untuk kampanye Jokowi-Ma'ruf

Mataram targetkan partisipasi masyarakat 80 persen di Pemilu 2024
Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf wilayah Jawa Barat Ridwan Kamil saat berpidato di hadapan massa pendukung Jokowi-Ma'ruf di Lapangan Bola PT Kertas Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (9/4/2019) sore. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)
Saya kira berkaca pada Pilgub bahwa justru yang paling rawan itu hari H minus satu pekan. Jangan kendur oleh survei. Kalau kurang, kita kejar, kalau baik, jangan terlena, katanya
Bandung Barat (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan bahwa pihaknya telah mengambil cuti untuk menjadi juru kampanye Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Hari ini saya cuti sesuai aturan ya. Jadi jangan dipermasalahkan, satu hari dalam sepekan saya gunakan. Ini hari Selasa terakhir (cuti)," kata Ridwan Kamil atau karib disapa Kang Emil di hadapan warga Bandung Barat pendukung Jokowi-Ma'ruf, di Lapangan Bola PT Kertas Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa sore.

Menurut dia, pengambilan cuti diperlukan untuk menjaga netralitas posisinya sebagai Gubernur Jabar.

Saya tidak main-main dengan urusan netralitas dari jabatan saya. Tapi hak politik saya, saya salurkan untuk 01, saya kira itu wajar," kata mantan Wali Kota Bandung ini.

Ia mengatakan, pada pekan terakhir sebelum masa tenang, kampanye harus digencarkan. Hal itu berkaca dari pengalamannya pada Pilgub Jabar tahun lalu.

"Saya kira berkaca pada Pilgub bahwa justru yang paling rawan itu hari H minus satu pekan. Jangan kendur oleh survei. Kalau kurang, kita kejar, kalau baik, jangan terlena," katanya.

Menurut dia, swing voters di Jawa Barat masih tinggi. Karena itu kampanye di hari-hari terakhir perlu lebih diintensifkan untuk dapat mempengaruhi pilihan dari massa mengambang.

Pihaknya pun menugaskan para relawan agar memperbanyak kegiatan silaturahmi dari pintu ke pintu untuk menerangkan sejumlah program kerja Jokowi-Ma'ruf.

"Di Jabar ini swing voters-nya masih besar. Itu artinya peluang menaikkan perolehan suara masih ada. Itu hanya bisa diraih oleh mereka yang turun tangan, bekerja keras. Warga Jabar ini kan senangnya silaturahmi atau door to door. Maka diiimbau kepada relawan 01 untuk terus door to door semaksimal mungkin sampai menjelang hari tenang," kata Emil yang merupakan Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf wilayah Jawa Barat ini.

Pihaknya pun tidak khawatir mengenai kemungkinan terjadinya gesekan dengan kubu capres-cawapres lain terkait hal ini.

"Jangan khawatir. Jabar mah sudah terkenal kondusif. Sudah terbukti (di Pilgub). Sebagai pemerintah kami sudah instruksikan untuk netral," katanya.

Pilpres 2019 diikuti dua paslon capres-cawares, yakni Paslon Nomor Urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan Paslon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
Pewarta:
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019
700 napi Bogor siap nyoblos di Lapas Sebelumnya

700 napi Bogor siap nyoblos di Lapas

Kepolisian kerahkan 3.355 personel untuk amankan demo di KPU dan DPR Selanjutnya

Kepolisian kerahkan 3.355 personel untuk amankan demo di KPU dan DPR