pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Prabowo diberi selamat pemimpin negara lain

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kanan) bersama anaknya Ragowo Hediprasetyo DjojohadikusumoÊ(kedua kanan) berdoa di makam Soemitro Djojohadikusumo di TPU Karet Bivak, Jakarta, Kamis (15/2/2024). ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/rwa. (ERLANGGA BREGAS PRAKOSO/ERLANGGA BREGAS PRAKOSO)
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Prabowo Subianto menerima ucapan selamat dari beberapa kepala negara atas keunggulannya dalam perolehan suara di antara pasangan calon lain, berdasarkan hasil hitung cepat.

"Sejauh ini sudah ada empat pemimpin dunia yang menyampaikan selamat secara langsung dari PM Lee dari Singapura, PM Anthony dari Australia, PM Anwar Ibrahim Malaysia, dan PM Petr Fiala dari Ceko. Ini adalah ucapan-ucapan selamat pertama usai hitung cepat dari pemimpin dunia," kata Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Budisatrio Djiwandono dalam keterangan persnya, Kamis.

Menurut dia, ucapan selamat tersebut merupakan pertanda bahwa dunia internasional mengakui keberadaan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemimpin bangsa.

Hal tersebut juga dapat memperkuat hubungan internasional antara Indonesia dengan negara lain di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran.

"Ini juga pertanda negara tetangga dan sahabat mengakui proses demokrasi yang ada sudah berjalan dengan baik dan bersiap melanjutkan hubungan kerja sama bilateral dengan presiden yang akan terpilih," kata dia.

Dia melanjutkan walaupun Prabowo-Gibran sudah memenangkan mayoritas hasil hitung cepat di berbagai lembaga, Budi akan tetap menunggu hasil hitung cepat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Hari ini Pak Prabowo masih seorang Capres. Kita akan tertib menunggu penghitungan dan penetapan resmi dari KPU," kata dia.

Sebelumnya, beberapa pemimpin negara lain sudah memberikan selamat kepada Prabowo Subianto. Salah satunya datang dari Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

Australia Anthony Albanese menyampaikan ucapan selamat tersebut di akun X nya, @AlboMP dengan menuliskan:

“I was honoured to be the first foreign leader to speak today with @prabowo, who has a clear lead in official and unofficial counts, about my ambition for the future of Australia – Indonesia relations," kutip akun X miliknya.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Kemudian, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada tanggal 14 Februari 2024.

Sementara itu, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, Pemilu 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.
Baca juga: Unggul hitung cepat, Prabowo dijadwalkan berpidato di Istora malam ini
Baca juga: Prabowo sebut kemenangannya untuk seluruh rakyat Indonesia
Baca juga: Prabowo minta pendukungnya tunggu hasil penghitungan dari KPU
Baca juga: Prabowo: Kita harus bersatu kembali
Pewarta:
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024
KPU Semarang tanggapi surat suara ditempel gambar palu arit Sebelumnya

KPU Semarang tanggapi surat suara ditempel gambar palu arit

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah