pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Polda Metro Jaya gelar pelayanan kesehatan bagi petugas pemilu

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat ditemui di Jakarta, Kamis (15/2/2024). ANTARA/Ilham Kausar
dengan adanya pelayanan kesehatan ini, petugas Pemilu 2024 dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sehat
Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya menggelar pelayanan kesehatan untuk petugas Pemilu 2024 di berbagai tempat pemungutan suara (TPS) di 13 kepolisian resor (polres) jajaran yang berada di dalam wilayah hukumnya.
 
Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi pelayanan kesehatan ini bertujuan untuk mengecek kondisi kesehatan dan memberikan vitamin kepada petugas Pemilu 2024 yang bertugas di lapangan.
 
"Pelayanan kesehatan ini tidak hanya diberikan kepada petugas Kepolisian yang bertugas di panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan gudang-gudang penyimpanan logistik pemilu, tetapi juga kepada rekan-rekan dari stakeholder (pemangku kepentingan) lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan," kata Ade Ary saat ditemui di Jakarta, Kamis.
 
Ade Ary juga menyebutkan ada beberapa lokasi yang menjadi sasaran patroli pelayanan kesehatan, antara lain di Posko Monas, KPU, Bawaslu, beberapa tempat PPK dan PPS di wilayah hukum Polda Metro Jaya, serta gudang-gudang penyimpanan logistik pemilu.
 
"Pelaksanaan pelayanan kesehatan yang dilakukan Bid Dokkes Polda Metro Jaya kepada TNI sejumlah 13 orang, Polri 27 orang, petugas KPPS empat orang serta Satpol PP satu orang. Sedangkan Sie Dokkes Jajaran melakukan pelayanan kesehatan kepada Polri sebanyak 128 orang serta petugas KPPS 75 orang, " jelasnya.
 
Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan tersebut juga berharap dengan adanya pelayanan kesehatan ini, petugas Pemilu 2024 dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sehat.
 
"Kegiatan Pelayanan Kesehatan ini merupakan bentuk komitmen dari Polda Metro Jaya untuk menindaklanjuti arahan dari pimpinan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada petugas pemilu serta masyarakat yang membutuhkan, " katanya.
 
"Kami berharap dengan adanya pelayanan kesehatan ini, dapat mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang tenang, damai, aman, dan bermartabat," sambungnya.
 
Sebelumnya TNI dan Polri memberikan bantuan kesehatan dengan menyiagakan petugas medis dan rumah sakit untuk melayani petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) maupun personel TNI-Polri yang bertugas selama Pemilu 2024.
 
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Rabu, mengatakan bantuan ini diberikan agar peristiwa tahun 2019 banyak petugas KPPS maupun personel Polri yang kelelahan hingga ada yang meninggal dunia, agar tidak terulang kembali, mengingat panjangnya rangkaian Pemilu 2024.
 
"Tentu kita melihat fenomena 2019 banyak petugas yang kelelahan, kecapaian sehingga di hari tenang kemarin kami minta kepada petugas baik Polri maupun TNI dan petugas TPS untuk dicek kondisi kesehatan mereka," kata Sigit.
 
Menurut jenderal polisi bintang empat itu, dirinya mendapatkan laporan sudah ada beberapa petugas yang mengalami kelelahan, oleh karena itu bantuan kesehatan tersebut diberikan.
 
"Sarana kesehatan yang disiapkan bisa digunakan selain personel TNI-Polri dan teman-teman KPPS serta seluruh masyarakat yang membutuhkan," ujar Sigit.
Baca juga: Heru ingatkan petugas KPPS untuk mengutamakan kesehatan dalam bertugas
Baca juga: Pakar kesehatan minta petugas pemilu jaga asupan bergizi dan seimbang
Baca juga: Dinkes DKI minta peserta pemilu harus jaga kesehatan fisik dan jiwa
Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024
KPU bersyukur Sirekap bikin hasil penghitungan TPS diketahui publik Sebelumnya

KPU bersyukur Sirekap bikin hasil penghitungan TPS diketahui publik

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran