pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kapolda Maluku ajak warga hormati hasil Pemilu jaga kedamaian

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, di Ambon. (ANTARA/Winda Herman)

Ambon (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku mengajak masyarakat menghormati hasil pemungutan suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 demi menjaga kedamaian.

“Hormati hasil penghitungan suara dan tetap menjaga kerukunan serta kedamaian di tempat masing-masing,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, hasil pantauan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara langsung di wilayah hukum Polda Maluku berjalan aman dan kondusif.

Meskipun ada beberapa kasus kecil di lokasi tempat pemungutan suara (tps), dapat diselesaikan oleh panitia dan petugas keamanan di sana. Penyelesaian dilakukan dengan mengedepankan persuasif.

Kapolda menyampaikan bila ada upaya-upaya yang ingin menggagalkan tahapan pemilu agar jangan ragu untuk ditindak tegas dan diproses sesuai hukum dan aturan yang telah ditetapkan.

Menurutnya, dalam kontestasi demokrasi pasti ada yang senang dan kecewa terhadap hasil, itu adalah hal yang biasa dan jangan dijadikan sesuatu yang merusak kedamaian dengan melakukan pelanggaran hukum, bahkan melakukan perbuatan pidana yang bisa merugikan diri sendiri atau orang lain.

"Bila ada dugaan pelanggaran ataupun kecurangan dapat disalurkan melalui proses hukum yang telah disiapkan melalui mekanisme dan aturan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Kapolda juga memberikan apresiasi kepada penyelenggara pemilu dan aparat keamanan yang telah bekerja dengan sangat baik serta mengingatkan agar terus bekerja menuntaskan proses selanjutnya dengan profesional sesuai aturan yang berlaku.

"Proses penghitungan suara kemarin di wilayah Maluku berjalan aman dan kondusif. Mari kita hormati hasilnya dan tetap menjaga kedamaian di Maluku," ucap Kapolda.

Baca juga: Polisi di SBB jalan kaki 20 kilometer demi kawal logistik pemilu

Baca juga: PLN UIW MMU memastikan sistem kelistrikan Maluku aman saat pemilu

Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024
Polda Papua Barat pastikan kamtibmas 13 daerah pascapemilu kondusif Sebelumnya

Polda Papua Barat pastikan kamtibmas 13 daerah pascapemilu kondusif

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan