pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Hari ini KPU Situbondo distribusikan logistik pemilu ke kecamatan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Pendistribusian logistik Pemilu Serentak 2024 ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sabtu (10/2/2024) ANTARA/Novi Husdinariyanto .
Situbondo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu, mulai mendistribusikan logistik Pemilu Serentak 2024 ke 17 kecamatan yang tersebar di "Kota Santri Pancasila" itu.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto menjelaskan bahwa berdasarkan jadwal pergeseran logistik pemilu yang dikirim ke KPU provinsi dan pusat, serta hasil rapat bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat disepakati distribusi dilaksanakan hari ini.

"Pendistribusian logistik pemilu hari ini dibagi menjadi dua tahap, yakni untuk wilayah barat dan wilayah timur didistribusikan tahap pertama, sedangkan di wilayah tengah tahap kedua," katanya di sela memantau pendistribusian logistik Pemilu Serentak 2024 di Gudang Logistik KPU Kabupaten Situbondo.

Marwoto menjelaskan bahwa panitia pemilihan kecamatan (ppk) dan panitia pemungutan suara (pps) sudah bersiap menerima pendistribusian logistik pemilu di masing-masing kecamatan, termasuk aparat keamanan (TNI/Polri).

Menurutnya, logistik pemilu akan digeser dari kecamatan ke desa-desa pada H-3 pencoblosan tepatnya Senin (12/2) sesuai jadwal yang sudah direncanakan.

"Sedangkan dari desa (pps) ke tps mayoritas didistribusikan pada H-1 pencoblosan. Berbeda dengan lokasi tempat pemungutan suara yang medannya sulit digeser pada H-2, salah satunya Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih," kata Marwoto.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, untuk pengamanan pendistribusian logistik pemilu sudah dilakukan oleh anggota kepolisian setempat, dan petugas mengawal dari gudang KPU hingga ke kecamatan.

"Polsek juga sudah berkoordinasi dengan PPK dan pemangku kepentingan lainnya di masing-masing kecamatan. Hari ini logistik pemilu didistribusikan ke 16 kecamatan, khusus Kecamatan Panji tetap disimpan di gudang KPU karena lebih aman," katanya.

Kapolres Dwi SR menambahkan, petugas dari kepolisian dibantu pula dari TNI terus melakukan pengamanan logistik pemilu yang sudah tiba di masing-masing Kecamatan.

"Jadi, petugas juga mengamankan logistik pemilu di kecamatan sampai dengan pendistribusiannya ke tps," ujarnya.

Data KPU Situbondo menyebutkan sebanyak 2.015 tempat pemungutan suara (tps) tersebar di 136 desa/kelurahan di 17 kecamatan, sedangkan jumlah dpt sebanyak 514.814 yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 248.852 jiwa dan pemilih perempuan 265.962 jiwa.

Baca juga: KPU Mukomuko utamakan distribusi logistik ke daerah terjauh 

Baca juga: KPU Papua Barat atensi khusus distribusi logistik di empat kabupaten
Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024
KPU Mukomuko utamakan distribusi logistik ke daerah terjauh Sebelumnya

KPU Mukomuko utamakan distribusi logistik ke daerah terjauh

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran