pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Mukomuko utamakan distribusi logistik ke daerah terjauh

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua Divisi Perencanaan, Data, Informasi KPU Mukomuko, Misbahul Amri. ANTARA/Ferri.
Mukomuko (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mulai distribusi logistik pemilu untuk kepentingan pemungutan suara 14 Februari 2024 dengan mengutamakan daerah terjauh.
 
Ketua Divisi Perencanaan, Data, Informasi KPU Mukomuko, Misbahul Amri, di Mukomuko, Sabtu, menyebutkan Kabupaten Mukomuko terdiri dari tiga daerah pemilihan (dapil) yang meliputi dapil satu, dua, dan tiga.

"Kami utamakan distribusi logistik pemilu ke wilayah terjauh karena kita khawatir saat distribusi logistik pemilu cuaca ekstrem sehingga dapat menghambat distribusi logistik," ujarnya.

Baca juga: KPU Mukomuko upayakan tidak ada pemungutan suara ulang 

Ia mengatakan, dari tiga dapil di Mukomuko, distribusi logistik di dapil dua dan tiga pada 12 Februari dan dapil pada Sabtu, 13 Februari," ujarnya.

Ia menyebutkan, dari dua dapil terjauh di daerah ini, dapil dua tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Air Dikit, Kecamatan Penarik, Kecamatan Teramang Jaya, Kecamatan Selagan Raya, Kecamatan Teras Terunjam.

Kemudian dapil tiga terdiri dari lima kecamatan meliputi Kecamatan Pondok Suguh, Kecamatan Sungai Rumbai, Kecamatan Ipuh, Kecamatan Air Rami, dan Kecamatan Malin Deman.

Baca juga: KPU coret empat parpol di Mukomuko

Sedangkan dapil satu terdiri atas Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan V Koto, Kecamatan XIV Koto, dan Kecamatan Lubuk Pinang.

Ia mengatakan, sebanyak 585 TPS yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini. Dari sebanyak 585 TPS, sebanyak 12 TPS di antaranya tersulit dijangkau menggunakan kendaraan.

Ia menyebutkan, dari sebanyak 12 TPS tersulit, sebanyak dua TPS berada di Desa Teramang Jaya dan Desa Lubuk Selandak, lalu 10 TPS tersulit berada di Kecamatan Malin Deman.

Baca juga: KPU-Pemkab Mukomuko tandatangan NPHD Pilkada 2024

Sementara itu, katanya, TPS yang masuk kategori sulit di Kabupaten Mukomuko ini, karena akses jalan buruk dan lokasinya jauh.

Ia menjelaskan, pada saat cuaca ekstrem seperti hujan deras dengan badai, akan menghambat proses pendistribusian logistik, KPUD Mukomuko mendistribusikan logistik pemilu ke TPS tersulit selain menyewa mobil truk dan sepeda motor "grandong".
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024
Kelompok OjolET antusias hadiri kampanye akbar Prabowo-Gibran Sebelumnya

Kelompok OjolET antusias hadiri kampanye akbar Prabowo-Gibran

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah