pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ulama hingga tokoh Jawa Mataraman deklarasikan dukungan kepada AMIN

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan bersama ratusan ulama, kiai, habib, dan tokoh se-Jawa Mataraman dalam acara Anies Sapa Mataraman di GOR Lembupeteng, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (09/02/2024). ANTARA/HO-Timnas AMIN/aa.
Jakarta (ANTARA) - Ratusan ulama, kiai, habib, dan tokoh se-Jawa Mataraman mendeklarasikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

Pernyataan deklarasi dibacakan perwakilan tokoh yang hadir, yakni Ustaz Rahmat dalam acara "Anies Sapa Mataraman" di GOR Lembupeteng, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (9/2).

Dalam deklarasi yang dibacakan bersama ribuan massa kampanye tersebut, mereka menyatakan dukungan kepada pasangan AMIN serta mengajak saudara dan teman untuk sama-sama berjuang memenangkan AMIN.

"Dengan menyebut asma-Mu ya Allah, dengan memohon ridha-Mu, kami yang berkumpul di sini, para ulama, habib, asatidz, umat Islam, tokoh masyarakat Mataraman berjanji akan mendukung pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar," ujar Rahmat membacakan deklarasi, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Anies silaturahmi dengan para kiai hingga tokoh masyarakat Tulungagung

Mereka juga berjanji akan mengajak saudara dan teman-teman untuk sama-sama berjuang memenangkan AMIN dan berjanji pada 14 Februari mereka beserta keluarga akan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk mencoblos pasangan AMIN.

Dalam deklarasi itu, mereka turut berjanji untuk memilih calon anggota legislatif (caleg) dari partai pengusung pasangan AMIN, yaitu Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Setelah pemungutan suara, para ulama, kiai, habib, dan tokoh se-Jawa Mataraman yang melakukan deklarasi tersebut juga berjanji akan mengawal seluruh proses penghitungan suara sampai selesai untuk menjamin tidak terjadi kecurangan.

"Kami memohon pada-Mu ya Allah, ridhai perjuangan kami memenangkan Anies-Muhaimin. Amin," ucap Rahmat menutup deklarasi yang diikuti ratusan ulama, kiai, habib, dan tokoh se-Jawa Mataraman.

Baca juga: Kampanye Anies di Tulungagung dihadiri ribuan orang lintas daerah

Atas dukungan tersebut, calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyatakan takzim dan terima kasih, serta berharap gerakan perubahan terlaksana.

"Salam takzim dan terima kasih atas dukungan dan doa, semoga amanah ini diringankan. Insyaallah gerakan perubahan ini terlaksana," kata Anies.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11-13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Rhomais Jatim dukung Anies-Muhaimin pada Pilpres 2024
Baca juga: Anies Baswedan: "Desak Anies" di Surabaya dahsyat
Baca juga: Muhaimin minta warga NU untuk renungkan 3 capres-cawapres terbaik

Pewarta:
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024
TPN: Kampanye akbar Solo ke Semarang tandai era Jokowi ke era Ganjar Sebelumnya

TPN: Kampanye akbar Solo ke Semarang tandai era Jokowi ke era Ganjar

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran