pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kemenkumham DKI siapkan 56 TPS khusus di lapas dan rutan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun (kiri) Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata (kanan) bersama di Kantor KPU DKI, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024). ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham DKI.
Jakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta mempersiapkan 56 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lembaga pemasyarakatan (lapas), rumah tahanan negara (rutan) dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak(LPKA).
 
"Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta telah mempersiapkan dan memfasilitas TPS di lokasi khusus di lapas, rutan dan LPKA sejumlah 56," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Ibnu Chuldun di Kantor KPU DKI Jakarta Pusat, Rabu.
 
Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta bekerjasama dengan KPU Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta memastikan seluruh data warga binaan tersampaikan dengan akurat dan tepat waktu di seluruh TPS khusus.
 
Kemenkumham DKI juga telah melaksanakan pemantauan bersama Tim Satgas Netralitas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang telah dikukuhkan pada Januari lalu serta menyelenggarakan simulasi pelaksanaan pemilu pada lapas, rutan dan LPKA.
 
"Kami dan jajaran telah menyusun strategi agar proses pemungutan suara pada TPS Khusus berjalan dengan lancar dan efisien," ujar Ibnu.

Baca juga: KPU-Kemenkumham persiapkan pemungutan suara untuk lapas-rutan di DKI
Baca juga: Kanwil Kemenkumham simulasikan pencoblosan pemilu di Lapas Cipinang
 
Ibnu juga menegaskan komitmen Kanwil Kemenkumham untuk mendukung kelancaran proses pemilihan umum di wilayahnya. Ibnu menjelaskan, data pemilih di TPS lokasi khusus untuk mengakomodir pemilih atau warga binaan yang sedang menjalani masa pidana di dalam lapas, rutan dan LPKA dan tidak dicabut hak pilihnya oleh Pengadilan.
 
Adapun Jumlah warga binaan yang terdata sebagai pemilih pada lapas, rutan dan LPKA di wilayah DKI Jakarta per tanggal 6 Februari 2024 berjumlah 14.291 orang dari jumlah warga binaan 15.040 orang (95,01 persen).
 
Ibnu menyatakan bahwa Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta memberikan apresiasi kepada Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta atas sinergi dan kolaborasi yang efektif dalam pemenuhan hak pilih warga binaan dalam Pemilu Tahun 2024.
 
"Tim Satgas Netralitas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta akan memantau langsung pelaksanaan pemilu di delapan lapas, rutan dan LPKA di wilayah DKI Jakarta" kata Ibnu.
Baca juga: Kanwilkumham DKI lampaui target pemenuhan hak pilih warga binaan
Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024
Kalahkan Coldplay, pemesan tiket Kumpul Akbar AMIN membeludak Sebelumnya

Kalahkan Coldplay, pemesan tiket Kumpul Akbar AMIN membeludak

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran