pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Persiapan logistik KPU Jakarta Pusat jelang pemilu sudah 90 persen

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memindahkan kotak suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, GOR Cempaka Putih, Senin (5/2/2024). ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/tom/aa.
Tinggal setting atau memasukkan ke kotak suara sesuai tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing

Jakarta (ANTARA) - KPU Jakarta Pusat menyatakan kesiapan logistik yang berada di gudang tingkat kecamatan sudah mencapai 90 persen menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

”Sampai sekarang logistik sudah rampung 90 persen yang ada di gudang tingkat kecamatan. Tinggal setting atau memasukkan ke kotak suara sesuai tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing. Setelah itu satu hari sebelum pencoblosan baru digeser ke seluruh TPS,” kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Jakarta Pusat, Sahat Dohar Manullang di Jakarta, Selasa.

KPU Jakarta Pusat mulai mendistribusikan kotak suara berikut logistik Pemilu 2024 ke 3.129 TPS yang tersebar di 44 kelurahan dan delapan kecamatan di wilayah Jakarta Pusat  satu hari sebelum hari pencoblosan pada 14 Februari.

Sahat menjelaskan biasanya kotak suara ditempatkan di balai warga atau kantor-kantor RW setempat. Tak hanya dari segi logistik, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga sudah melaksanakan bimbingan teknis (bimtek).

Sahat juga mengatakan persiapan TPS di lokasi-lokasi khusus Jakarta Pusat juga sudah dilakukan. TPS lokasi khusus seperti di lembaga pemasyarakatan (lapas) atau di rumah sakit seperti di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

”Persiapan kita, tentunya lapas dan rutan sudah intens berkomunikasi. Bahkan kami juga sudah berkoordinasi agar sampai tanggal 7 Februari tidak ada pergeseran tahanan hingga pemilu. Pendirian tenda juga sudah dikoordinasikan,” kata Sahat.

Sementara itu, karena berada di dalam rutan dan lapas, tentunya pengawasannya akan sangat ketat, jelas Sahat. Oleh sebab itu, petugas di TPS khusus dipercayakan pada pegawai-pegawai lapas dan rutan. Pihak KPU Jakarta Pusat pun telah merekrut dan memegang data para petugas yang terpilih.
Baca juga: KPU Jakpus catat 7.000 difabel akan gunakan hak pilih di Pemilu 2024
Baca juga: Jakpus libatkan PPSU untuk distribusi logistik pemilu
Baca juga: KPU Jakpus komit tingkatkan kualitas petugas KPPS Pemilu 2024

Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024
Imigrasi Jakut antisipasi pelanggaran WNA saat pemungutan suara Sebelumnya

Imigrasi Jakut antisipasi pelanggaran WNA saat pemungutan suara

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan