pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Dubes Heri imbau WNI di Jepang jaga suasana kondusif Pemilu 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi memberikan imbauan kepada perwakilan kelompok diaspora Indonesia di Jepang terkait Pemilu 2024 di Wisma Duta Tokyo, (5/2). (KBRI Tokyo)

Tokyo (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengimbau kepada seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Jepang agar selalu menjaga suasana kondusif selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saya tekankan kepada teman-teman agar mematuhi semua aturan yang berlaku di Jepang. KBRI Tokyo sebagai fasilitator dan pendukung untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah akreditasi tetap menjunjung tinggi prinsip netralitas, independensi, integritas, dan profesionalitas. Kita sama-sama merantau di negeri orang. Artinya di sini kita harus perkuat silaturahmi dan persaudaraan,” ujar Dubes Heri dalam pernyataannya di Tokyo, Selasa.

Kepada perwakilan kelompok masyarakat dan diaspora Indonesia di Jepang, dia menambahkan agar diaspora juga senantiasa menjaga nama baik bangsa dan mematuhi peraturan yang ada.

“Jaga terus semangat cinta Indonesia dengan menjaga nama baik bangsa melalui taat peraturan, tidak melanggar hukum dan santun dalam berucap berlaku baik selama rekan-rekan semua tinggal di Jepang. KBRI Tokyo senantiasa siap membantu dan mendukung aktivitas komunitas diaspora Indonesia di Jepang. Jangan lupa lapor diri untuk memudahkan kami melaksanakan fungsi pelindungan,” tambahnya.

Perwakilan kelompok masyarakat dan diaspora Indonesia di Jepang yang hadir terdiri dari kelompok agama, profesi, perempuan dan komunitas, di antaranya Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII), Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI), Komunitas Umat Budha Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ), Indonesia Community in Japan (ICJ), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DPLN Jepang, Wanita Indonesia Berkarya (WIB) serta Persatuan Pelajar Indonesia Jepang Jepang (PPIJ).

Turut hadir dalam dialog ini perwakilan Panwaslu Tokyo.

Sebelumnya, Dubes Heri Akhmadi menerima PPLN Tokyo di KBRI Tokyo. Dalam kesempatan itu, PPLN Tokyo memaparkan persiapan Pemilu 2024.

Berdasarkan data PPLN Tokyo, total daftar pemilih tetap terhitung sebanyak 29.434 orang, dengan perincian 26.587 pemilih melalui pos dan 2.847 pemilih melalui tempat pemungutan Suara (TPS).

PPLN Tokyo membuka tiga tempat pemungutan suara (TPS) pada pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Pemungutan suara akan berlangsung pada Minggu 11 Februari 2024, sementara penghitungan suara dilakukan pada 14-15 Februari 2024.

Baca juga: WNI di Jepang mulai mencoblos lewat pos
Baca juga: Anggota DPR minta WNI di Jepang tidak golput di Pemilu 2024

Pewarta:
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024
Pelanggaran Hasyim Asy'ari, Puan: Tindaklanjuti sesuai aturan berlaku Sebelumnya

Pelanggaran Hasyim Asy'ari, Puan: Tindaklanjuti sesuai aturan berlaku

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran