pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Wawancara dengan media asing, Prabowo komitmen perkuat pertahanan RI

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) menyalami sejumlah pedagang bakso di sela kegiatan curcol tukang bakso bersama Prabowo di Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1/2024). Pada kegiatan tersebut Prabowo memaparkan program unggulannya kepada 900 pedagang bakso untuk mengembangkan UMKM di Indonesia. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/nym.
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto saat wawancara dengan media asal Amerika Serikat, Newsweek, menyatakan komitmennya untuk memperkuat pertahanan dan keamanan Indonesia.

"Meningkatkan keamanan adalah salah satu poin penting bagi saya. Saya telah menunjukkan komitmen saya terhadap pasukan militer dan keamanan yang dikelola dengan baik dan ditingkatkan dengan baik sebagai Menteri Pertahanan. Tentu saja hal ini akan terus berlanjut," ujar Prabowo sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis.

Prabowo berencana memperluas pertahanan dan keamanan agar tidak hanya fokus pada aspek militer. Ia akan memperkuat keamanan pangan, energi, hingga air, jika dirinya memenangi Pilpres 2024.

"Tentu saja, kita memerlukan militer kuat yang siap dan mampu mempertahankan setiap jengkal wilayah kita dan menghadapi tantangan keamanan. Tetapi, apakah itu cukup jika kita tidak bisa menjamin kemandirian pangan, energi, dan air? Saya kira tidak," tuturnya.

Baca juga: Prabowo tegaskan terus dukung Palestina jika jadi presiden

Selain itu, ia juga mengatakan kemiskinan harus dihapuskan dengan memaksimalkan sumber daya manusia Indonesia. Faktor pendidikan, kesehatan, dan perdamaian turut menjadi aspek penting yang akan mendorong keamanan bangsa.

"Apakah hal tersebut akan berkelanjutan jika kita tidak memperluas industri kita, jika kita tidak berinvestasi pada sumber daya manusia kita, dalam mengentaskan mereka dari kemiskinan, dalam menyediakan pendidikan dan kesehatan serta peluang, jika kita tidak meningkatkan kohesi masyarakat kita dengan memupuk keharmonisan antar negara semua kelompok etnis dan agama?" ucap Prabowo.

Tidak hanya itu, pasangan cawapres Gibran Rakabuming Raka itu juga bertekad untuk menjamin pertahanan dan keamanan dengan menciptakan kesejahteraan menyeluruh bagi rakyat.

"Saya percaya bahwa jalan kita menuju Indonesia yang benar-benar aman dan kuat adalah melalui pembangunan negara kita dan kesejahteraan rakyat kita serta kekuatan masyarakat kita," tambah Prabowo.

Baca juga: Menhan harap industri pertahanan RI mampu buat kapal perang destroyer

Prabowo mengatakan hal itu saat wawancara dengan media asing Newsweek. Wawancara bertajuk Exclusive: The Ex-General Who Plans To Make the Largest Muslim Nation a World Power diunggah di laman Newsweek pada Senin (8/1).

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo unggul pada survei "The Economist"
Baca juga: Prabowo Subianto jawab isu sakit dengan berpose silat
Pewarta:
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024
Prabowo tegaskan terus dukung Palestina jika jadi presiden Sebelumnya

Prabowo tegaskan terus dukung Palestina jika jadi presiden

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah