pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Muhaimin ingin masyarakat adat dilibatkan dalam pembangunan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, menyampaikan pandangannya di hadapan dua cawapres lainnya Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 itu mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat.
... harus punya prinsip, tidak ada satu pun yang ditinggalkan, libatkan masyarakat adat...
Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, berpendapat bahwa masyarakat adat perlu dilibatkan dalam pembangunan di Indonesia.

"Salah satu upaya kita untuk tidak terjadi konflik antara proyek pembangunan nasional, terutama Program Strategis Nasional dengan masyarakat adat, harus punya prinsip, tidak ada satu pun yang ditinggalkan, libatkan masyarakat adat," kata dia, dalam debat keempat Pilpres 2024 yang diselenggarakan oleh KPU di Balai Sidang Jakarta, Minggu malam.

Ia menegaskan bahwa dalam menghormati masyarakat adat tidak harus menggunakan pakaian adat setahun sekali, seperti pada perayaan 17 Agustus.

Namun, menurut dia, sikap menghormati masyarakat adat dapat dilakukan dengan memberikan ruang, hak ulayat, hak budaya, hak spiritual dan kewenangan mereka dalam menentukan cara membangun.

Baca juga: Muhaimin jelaskan manfaat reformasi agraria untuk hadapi krisis iklim

Penegasan itu disampaikan dia saat menanggapi pernyataan calon wakil presiden nomor urut tiga Mahfud Md.

Mahfud mendapat pertanyaan terkait kebijakan agraria dan sumber daya alam (SDA) yang seringkali dibuat tanpa persetujuan masyarakat adat, dan akibatnya sejak 2014 terjadi perampasan 8,5 juta hektar wilayah adat, dan mengakibatkan 678 kasus kriminalisasi dan pemiskinan perempuan adat.

Pasangan Anies-Muhaimin mengusung visi, misi dan program kerja, dengan tema besar Indonesia adil makmur untuk semua. Misi pasangan Anies-Muhaimin dituangkan dalam delapan jalan perubahan.

Baca juga: Muhaimin kritik program hilirisasi tambang

Dalam misi ketiga, yakni mewujudkan keadilan ekologis berkelanjutan untuk generasi, salah satu agenda misi itu adalah penguatan tata kelola lingkungan hidup, yang diantaranya diwujudkan melalui upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang dilandaskan pada prinsip keadilan sosial dan keadilan ekologis, termasuk keadilan antar generasi.

Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup harus melibatkan partisipasi rakyat termasuk masyarakat yang terkena dampak, masyarakat adat, perempuan, dan kelompok rentan lainnya.

Baca juga: Muhaimin minta pembangunan harus libatkan rakyat

Agenda lain dari misi itu adalah pemanfaatan energi baru terbarukan, di antaranya mendorong transisi berkeadilan yang memperhatikan aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial, terutama kepastian lapangan kerja dan perlindungan sosial bagi masyarakat lokal, termasuk memperhatikan kepentingan masyarakat adat dan kelompok rentan terdampak.

Kemudian, misi keempat pasangan Anies-Muhaimin adalah membangun kota dan desa berbasis kawasan yang manusiawi, berkeadilan dan saling memajukan.

Agenda misi itu salah satunya reformasi agraria, di antaranya dengan mempercepat pemberian kepastian hak atas tanah bagi masyarakat melalui upaya proaktif dari pemerintah dan memperkuat pengakuan hak ulayat masyarakat adat atas wilayah dan hutan adat serta seluruh sumber daya alam di dalamnya melalui penyederhanaan proses administrasi dan peningkatan fasilitasi pendampingan.

Baca juga: Mahfud kutip surat Ar-Rum ayat 41 ingatkan soal kerusakan alam

KPU telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua pada 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres.

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024
Menghadirkan pemilu asyik agar partisipasi naik Sebelumnya

Menghadirkan pemilu asyik agar partisipasi naik

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah