pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Kampanye terbuka di Bandung, Ganjar ungkap peran petani marhaen

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam kampanye terbuka perdana Pemilu 2024 "Hajatan Rakyat" di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024). ANTARA/Ahmad Faishal/aa.
Bandung (ANTARA) - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyapa pendukungnya di bawah rintik hujan dalam kampanye terbuka perdana "Hajatan Rakyat" di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu, dan mengungkapkan peran petani marhaen bagi perjalanan historis bangsa.

"Kota Bandung punya sejarah yang luar biasa kepada bangsa ini. Ketika Bung Karno ada di Bandung, beliau punya inspirasi dari orang Jawa Barat, marhaen. Dialah orang kecil, dialah orang yang butuh pembelaan dari sebuah keputusan politik besar. Dia petani, persis seperti kondisi hari ini yang berteriak kepada tim Ganjar-Mahfud yang berkeliling Indonesia, Pak Ganjar, pupuk susah," kata Ganjar.

Dalam kesempatan tersebut, dia lantas menjabarkan bahwa saat ini kehidupan kaum petani masih jauh dari kata sejahtera.

"Hasil panen petani dibayar murah. Hari ini, saya masuk pasar, harga beras Rp14 ribu yang paling murah," tambahnya.

Baca juga: Ganjar ditemani Megawati kampanye di Lapangan Tegallega Bandung

Terkait hal itu, Ganjar pun mengingatkan bahwa pada sesi Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu malam, cawapres Mahfud MD akan berbicara mengenai pengendalian pangan yang seharusnya berada di tangan negara.

Menurut Ganjar, pangan tidak boleh menjadi bahan liberal yang diperdagangkan.
​​​​​​​
"Negara yang harus bertanggungjawab. Kita kembalikan lagi Bulog pada fungsi awal untuk mengembalikan sembilan bahan pokok (sembako) agar tidak diperdagangkan oleh siapa pun," tegas Ganjar.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu juga menilai pentingnya keberadaan banyak anak muda yang terjun ke dunia pertanian dengan berbekal kepintaran, kehebatan, serta pikiran-pikiran untuk memodernisasi sektor pertanian Indonesia.

"Kami akan bantu mereka dengan teknologi informasi. Kami lakukan digitalisasi sampai kemudian pertanian kita maju," jelasnya.

Baca juga: Puluhan ribu warga padati "Hajatan Rakyat" Ganjar-Mahfud di Bandung
​​​​​​​
Orang kreatif, lanjut Ganajr, adalah mereka yang selain cerdas juga memanfaatkan teknologi informasi dan digitalisasi.
​​​​​​​
"Mereka orang-orang yang sanggup mencari makan, setidaknya makan siang akan dia bayar sendiri. Mereka bisa ciptakan lebih banyak pekerjaan dan itulah komitmen kami," katanya.

Dengan ditemani keluarga kecilnya saat kampanye di Bandung, Ganjar juga mengapresiasi dukungan penuh sejumlah pihak yang turut menyukseskan kampanye terbuka perdana Pemilu 2024 tersebut.

"Kami sayang Jawa Barat dan kami sayang Kota Bandung. Hari ini spesial karena hadir Ibu Megawati Soekarnoputri. Hadir Pak Mardiono dari PPP, menemui kita semua. Komplet partai pengusung, Hanura dan Perindo juga hadir. Banyak sekali tokoh yang hari ini hadir. Ada menteri, mantan wakil gubernur, DPR, DPRD, timses, komplet semua," ujar Ganjar.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Kampanye hari ke-55, Ganjar ke Jabar dan Jatim, Mahfud fokus debat
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024
Bobby Nasution yakin kiai kampung menangkan Prabowo-Gibran Sebelumnya

Bobby Nasution yakin kiai kampung menangkan Prabowo-Gibran

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus