pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPK undang perwakilan tiga capres-cawapres jelang Paku Integritas

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Juru Bicara KPK Ipi Maryati. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat.
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang perwakilan dari tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2024 untuk membahas persiapan menjelang Penguatan Anti Korupsi bagi Penyelenggara Negara ber-Integritas (Paku Integritas) pada tanggal 17 Januari 2024.

"Benar, hari ini, kami mengundang perwakilan dari ketiga pasangan untuk rapat di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, pukul 14.00 WIB," kata Juru Bicara KPK Ipi Maryati saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Ipi menerangkan rapat tersebut akan membahas beberapa hal mengenai persiapan Paku Integritas yang akan diikuti oleh ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Rapat terkait persiapan kegiatan penguatan antikorupsi atau yang dikenal dengan Paku Integritas, khusus bagi capres dan cawapres, yang kami agendakan pada pekan depan, 17 Januari 2024," jelas Ipi.

Baca juga: KPK undang tiga capres-cawapres untuk pembekalan antikorupsi

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024 telah mengonfirmasi hadir memenuhi undangan pembekalan antikorupsi Paku Integritas oleh KPK.

"Jadi, pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah mengonfirmasi nanti akan hadir," kata Ali Fikri di Jakarta, Selasa (9/1).

Ali menjelaskan kegiatan tersebut bukan merupakan sarana untuk saling adu gagasan pemberantasan korupsi, melainkan pembekalan antikorupsi serta penyampaian komitmen masing-masing kandidat untuk pemberantasan korupsi.

Paku Integritas akan diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas pemberantasan korupsi. Paku Integritas itu nanti juga dihadiri oleh pihak dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Paku Integritas merupakan program KPK sejak tahun 2021 melalui Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat untuk menguatkan komitmen antikorupsi dari para penyelenggara negara.

Baca juga: KPK: Tiga pasangan calon konfirmasi hadir pembekalan antikorupsi
Baca juga: KPK bekali jajaran pemerintah daerah dengan penguatan antikorupsi
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024
Kadin fasilitasi dialog bersama capres soal Visi Indonesia Emas 2045 Sebelumnya

Kadin fasilitasi dialog bersama capres soal Visi Indonesia Emas 2045

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah