pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Hilirisasi jadi kata paling sering disebut Gibran dalam debat cawapres

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom)
Bukan hanya hilirisasi tambang, tetapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital
Jakarta (ANTARA) - Hilirisasi menjadi kata yang paling sering diucapkan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat kedua cawapres Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di JCC Senayan, Jakarta, Jumat malam (22/12).

Sepanjang debat, ANTARA mencatat Gibran mengucapkan kata "hilirisasi" sebanyak 11 kali.

Kemudian, "UMKM" atau usaha mikro, kecil, dan menengah menjadi kata kedua yang paling sering diucapkan Gibran dalam debat, yakni sebanyak sembilan kali. Selanjutnya, kata "investasi" disebut sebanyak delapan kali oleh putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Gibran, yang berpasangan dengan capres Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024, juga tercatat menyebut kata "Indonesia Emas", "Ibu Kota Nusantara" (IKN), dan "pajak"; masing-masing sebanyak tujuh kali.

Kemudian, kata "pemerataan" disebut Gibran sebanyak enam kali dan "digital" sebanyak lima kali.

Baca juga: Gibran: Bonus demografi jadi peluang tingkatkan produktivitas nasional

Selain itu, terdapat pula kata yang sedang tren saat ini dan menarik untuk disimak dalam tema ekonomi, tetapi hanya terucap oleh Gibran kurang lima kali sepanjang debat, yakni "e-commerce", "pinjaman online", "Kredit Usaha Rakyat (KUR)", dan "pertumbuhan ekonomi".

Saat menyebut "hilirisasi", Gibran menegaskan program tersebut merupakan solusi yang cukup konkret untuk direalisasikan.

"Kami (Prabowo-Gibran) akan melanjutkan hilirisasi. Bukan hanya hilirisasi tambang, tetapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain," kata Gibran.

Wali Kota Surakarta itu memaparkan dalam program hilirisasi pertambangan, Indonesia tidak boleh lagi mengirim bahan baku mentah ke luar negeri. Sehingga, dengan adanya program hilirisasi pertambangan, maka akan ada peningkatan nilai tambah yang cukup signifikan.

"Saya kasih contoh nikel. Dulu, sebelum ada hilirisasi, kita ekspor hanya 3 miliar dolar AS. Sekarang, setelah hilirisasi, bisa menjadi 33 miliar dolar AS. Ini saya baru bicara masalah nikel, loh, Pak, belum bicara masalah tembaga, bauksit, timah, dan lain-lain. Konkret, jelas, singkat, padat," ucap Gibran.

Baca juga: TKN: Penampilan Gibran di debat adalah gambaran Jokowi

Selain itu, Gibran juga menyinggung soal hilirisasi digitalisasi dalam rangka menuju Indonesia Emas.

"Untuk menuju Indonesia Emas, dibutuhkan generasi emas. Kita harus mampu mengubah future challenge menjadi future opportunity​​​​​​​. Kita harus punya future talents yang dilengkapi dengan future skills​​​​​​​. Untuk itu, hilirisasi digital akan kami genjot," tuturnya.

Gibran pun berjanji akan menyiapkan anak-anak muda yang menjadi ahli kecerdasan buatan (AI) dan ahli digital lain untuk menggenjot hilirisasi digital.

"Kami akan siapkan anak-anak muda yang ahli AI, anak-anak muda yang ahli blockchain, anak-anak muda yang ahli robotik, anak-anak muda yang ahli perbankan syariah, anak-anak muda yang ahli kripto," kata Gibran.

Dalam kesempatan itu, Gibran juga menyampaikan hilirisasi lainnya, yakni pertanian. Melalui hilirisasi pertanian, dia meyakini Indonesia dapat menjadi raja energi hijau dunia.

"Saya juga berkeyakinan suatu saat nanti Indonesia akan menjadi raja energi hijau dunia dengan terus mengembangkan biodisel, bioavtur dari sawit, bioetanol dari tebu, sekaligus kemandirian gula," ujarnya.

Baca juga: Jubir timnas AMIN: Cak Imin dulu terpaksa ikut seremoni tumpengan IKN

Meskipun Gibran 11 kali menyebutkan kata "hilirisasi", kata itu tak sekali pun diucapkan oleh cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar sepanjang debat dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD hanya mengucapkan kata tersebut satu kali.

Debat kedua untuk cawapres Pemilu 2024, Jumat malam, mengangkat tema meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

KPU menetapkan tiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Rangkaian debat Pilpres 2024 dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.

Baca juga: KPU akan tegur lagi Gibran soal ajakan bersorak saat debat kedua
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023
Pemberantasan korupsi jadi kata andalan Mahfud di debat cawapres Sebelumnya

Pemberantasan korupsi jadi kata andalan Mahfud di debat cawapres

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus