pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pemberantasan korupsi jadi kata andalan Mahfud di debat cawapres

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD (kedua kiri) bersiap memberikan keterangan pers usai debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 diikuti tiga cawapres yang mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta (ANTARA) -
Pemberantasan korupsi jadi kata andalan yang paling banyak dilontarkan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md saat mengikuti debat kedua Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.
 
Dalam debat yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12) malam, Antara mencatat Mahfud menyebut kata pemberantasan korupsi sebanyak 12 kali.
 
Jumlah itu sama banyak dengan kata pertumbuhan ekonomi yang juga 12 kali diucapkan Mahfud sepanjang debat.
 
Selanjutnya, Mahfud menyebut sistem perpajakan dan diplomasi sebanyak tujuh kali, disusul investor asing enam kali, dan pemerataan lima kali.
 
Mahfud juga menyebut kata pinjaman online (pinjol), pembebasan pajak, Ibu Kota Nusantara (IKN), digitalisasi, serta ekonomi digital masing-masing sebanyak tiga kali.
 
Dalam paparannya, Mahfud menyatakan pemberantasan korupsi menjadi instrumen penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai sebesar tujuh persen.
 
Menurut dia, pertumbuhan ekonomi tujuh persen hanya terjadi di era Orde Baru 1989-1991 dan hal itu tak kunjung tercapai lagi karena banyaknya masalah korupsi dan inefisiensi di sejumlah sektor.
 
"Masalahnya apa? Masalahnya banyak korupsi, dan inefisiensi di sektor-sektor pertumbuhan ekonomi. Ya itu di sektor konsumsi belanja pemerintah ekspor impor dan investasi," katanya.

Mahfud mengutip data hasil sigi Transparansi Internasional yang menyebut korupsi terjadi di lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif.
 
Bahkan dia menyebut korupsi terjadi di tiga matra alam yaitu di tanah, laut, hingga udara.
 
"Kita menginjak bumi ada korupsi di tanah dan pertambangan. Kita ke laut ada masalah korupsi di kelautan. Kita melihat udara pesawat terbang kita ternyata di udara juga banyak korupsi. Akibatnya apa? Rakyat miskin," urai Mahfud.

Sementara Mahfud menyebutkan pemberantasan korupsi 12 kali, kata itu sama sekali tak keluar dari mulut cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan hanya satu kali diucapkan oleh cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar.

Sedangkan kata pertumbuhan ekonomi disebutkan empat kali oleh Gibran dan tiga kali oleh Muhaimin.

KPU menggelar debat kedua Pilpres 2024 pada Jumat (22/12) malam di JCC, Jakarta, yang melibatkan tiga cawapres, menyusul debat pertama yang mempertemukan tiga calon presiden pada Selasa (12/12) pekan lalu.

Ketiga cawapres mengikuti debat dengan tema meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.
 
KPU menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pilpres 2024 pada Senin 13 November 2023. Sehari berselang hasil pengundian nomor urut menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 
Rangkaian debat Pilpres 2024 dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi yakni pada 7 dan 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.

Baca juga: Usai debat Mahfud tegaskan percaya diri kuasai semua topik
Baca juga: Mahfud: Ide Gibran naikkan rasio pajak jadi 23 persen tak masuk akal
Pewarta:
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023
Pengamat nilai Gibran lebih siap dalam debat, namun sarat problematik Sebelumnya

Pengamat nilai Gibran lebih siap dalam debat, namun sarat problematik

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus