pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Waketum Garuda: Debat capres seperti film, tak usah perdebatkan isinya

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/YUaa.
Tinggal biarkan masyarakat memilih karakter mana yang mereka sukai. Bukankah itu tujuan diadakan Debat Capres-Cawapres?
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi mengibaratkan Debat Capres seperti film yang isinya tak perlu diperdebatkan, yang terpenting adalah penilaian penonton terhadap film tersebut.

"Debat capres itu ibarat kita menonton film, kita tidak perlu memperdebatkan lagi film-nya di luar film, karena itu tidak akan mengubah film tersebut. Tinggal penilaian kita apakah film itu bagus atau tidak. Apakah film itu punya nilai buat kita atau tidak?" kata Teddy dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Juru bicara Partai Garuda itu juga memberikan penilaiannya soal Debat Capres pertama tersebut. Menurutnya Anies jadi karakter yang menyerang, Prabowo jadi karakter orang yang apa adanya dan Ganjar jadi karakter orang yang penuh retorika.

"Tinggal kita sebagai penonton memilih mana karakter yang kita sukai. Yang senang karakter Anies, tentu dia akan memilih karakter menyerang. Yang senang karakter Prabowo, dia akan memilih karakter yang apa adanya. Yang senang karakter Ganjar, dia akan memilih karakter retorika," ujarnya.

Baca juga: Pengamat: Anies dan Ganjar lebih dinamis berargumen dalam debat

Baca juga: Arti senyuman Ganjar saat debat capres menurut pakar mikro ekspresi


Lebih lanjut dia pun mengingatkan kepada publik untuk tidak perlu menyudahi perdebatan lebih lanjut, yang terpenting adalah Debat Capres-Cawapres tersebut bisa menentukan pilihan siapa kandidat yang paling cocok memimpin Indonesia berdasarkan hati nurani-nya.

"Tinggal biarkan masyarakat memilih karakter mana yang mereka sukai. Bukankah itu tujuan diadakan Debat Capres-Cawapres?" tuturnya.

KPU menyelenggarakan debat pertama capres Pemilu 2024 di Jakarta Pusat, Selasa (12/12), dengan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres, yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: Pakar Mikroekspresi sebut Anies banyak singgung rasa saat debat capres

Baca juga: Prabowo tak terbebani saat debat capres? Ini kata Pakar Gestur
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023
Sekjen NasDem ingatkan relawan AMIN di luar negeri jaga TPS Sebelumnya

Sekjen NasDem ingatkan relawan AMIN di luar negeri jaga TPS

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah