pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Masinton: Tugas tim meyakinkan pemilih yang berpotensi ubah pilihan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Tangkapan layar - Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menghadiri rilis survei Poltracking Indonesia secara daring di Jakarta, Jumat (10/11/2023). ANTARA/Rina Nur Anggraini.
Agar pemilu ini tidak hanya ajang ritual 5 tahunan, tetapi pemilu yang benar-benar melahirkan kepemimpinan yang sah.
Jakarta (ANTARA) - Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu mengatakan bahwa timnya akan bekerja keras meyakinkan sebanyak 37,6 persen masyarakat yang masih mungkin mengubah pilihannya pada Pilpres 2024.

Angka tersebut didapat dari rilis Poltracking Indonesia yang menyatakan 49,2 persen pemilih tidak akan mengubah pilihan, sedangkan 37,6 persen masih mungkin mengubah pilihannya dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Ada 37 persen yang masih belum menentukan sikap sehingga potensi dua putaran itu sangat besar," ujar Masinton ketika menanggapi rilis survei Poltracking Indonesia secara daring di Jakarta, Jumat.

Masinton menyatakan bahwa seluruh komponen masyarakat harus bersama-sama menjaga pesta demokrasi pada tahun depan.

"Agar pemilu ini tidak hanya ajang ritual 5 tahunan, tetapi pemilu yang benar-benar melahirkan kepemimpinan yang sah, pemilu yang bisa menghormati proses, jujur, adil, dan terpercaya serta tanpa campur tangan kekuasaan negara," kata Masinton.

Oleh karena itu, Masinton menegaskan bahwa PDI Perjuangan bersama partai koalisi yang mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Tentu kami bekerja keras terus dengan penuh keyakinan turun ke tengah masyarakat menyampaikan gagasan-gagasan besar tentang program-program Ganjar-Mahfud," kata Masinton.

Baca juga: indEX: Kepuasan publik terhadap Jokowi jadi faktor penentu Pilpres
Baca juga: Survei indEX: Coattail effect bawa Gerindra salip PDIP


Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. 

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). 

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023
Unggul di berbagai survei, Andre yakin Prabowo menang satu putaran Sebelumnya

Unggul di berbagai survei, Andre yakin Prabowo menang satu putaran

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran