counter

Ini harapan Wagub DIY kepada masyarakat pasca-pemilu

Tingkat partisipasi Pemilu 2019 tertinggi setelah reformasi
Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario (KGPAA) Paku Alam X di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (7/5). (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)
justru di bulan Ramadhan ini, kita kembali bersatu kembali
Yogyakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario (KGPAA) Paku Alam X berharap masyarakat bersatu kembali dan melakukan aktivitas seperti sedia kala setelah usai pelaksanaan Pemilu 2019.

"Pilihan berbeda itu wajar tetapi harapannya tidak meruncing dan justru di bulan Ramadhan ini, kita kembali bersatu kembali melaksanakan pembangunan, melaksanakan kegiatan seperti sedia kala," kata Paku Alam X saat ditemui di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Selasa.

Paku Alam berharap setelah selesai pesta demokrasi baik pilpres maupun pileg, situasi di lingkungan masyarakat agar kembali kondusif.

Selain itu, mengenai hasil Pemilu 2019, ia meminta seluruh masyarakat tetap bersabar menunggu hasil rekapitulasi suara yang akan secara resmi diumumkan KPU RI pada 22 Mei 2019.

"Ya kita tunggu saja karena bagaimanapun juga mereka (KPU) melaksanakan itu sudah ada juklak dan juknis-nya," kata dia.

Seandainya ada beberapa pihak yang merasa proses rekapitulasi di KPU RI tidak transparan, menurut Paku Alam, mereka dapat mengadukan sesuai mekanisme yang telah diatur Undang-Undang (UU).

Meski demikian, Paku Alam menilai pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 diikuti peningkatan kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak suaranya.

"Sekarang ini kan luar biasa ada kenaikan peserta pemilu artinya apresiasi masyarakat dan tingkat kesadaran mereka dalam berpolitik ada peningkatan," kata dia.

Baca juga: KPU DIY targetkan rekapitulasi tingkat provinsi mulai 7 Mei

 

KPU tetapkan 55 calon terpilih anggota DPRD Provinsi Papua

Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019
Rekapitulasi suara tingkat Kota Batam molor Sebelumnya

Rekapitulasi suara tingkat Kota Batam molor

49 anggota DPRD Tulungagung resmi dilantik Selanjutnya

49 anggota DPRD Tulungagung resmi dilantik