pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Warga Purwokerto antusias datangi TPS

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sejumlah ibu rumah tangga menunjukkan jarinya setelah melakukan pencoblosan di TPS 02 Kelurahan Pabuwaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Rabu (17/4/2019). (Foto: Sumarwoto)
Purwokerto (ANTARA) - Warga di sejumlah wilayah kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, antusias mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu serentak 2019.

Dari pantauan Antara di TPS 02 Kelurahan Pabuwaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas, Rabu, warga tampak berduyun-duyun mendatangi tempat pemungutan suara tersebut yang telah dihias dengan berbagai ornamen menarik oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat.

Saat ditemui usai melakukan pencoblosan, salah seorang warga Perumahan Puri Intan, Kelurahan Pabuwaran, Tari mengaku berangkat dari rumahnya menuju TPS 02 sebelum pukul 07.00 WIB.

"Alhamdulillah saya enggak kesulitan melakukan pencoblosan meskipun jumlah surat suara yang harus dicoblos sebanyak lima lembar. Saya bisa menyelesaikan pencoblosan dalam waktu kurang dari lima menit," katanya.

Ia mengaku optimistis pemilu serentak 2019 yang baru pertama kali digelar di Indonesia khususnya di TPS 02 Kelurahan Pabuwaran berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

Kendati demikian, dia mengharapkan dalam pelaksanaan pemilu serentak selanjutnya, kotak suara menggunakan bahan yang tembus pandang atau transparan.

"Saran saya untuk pemilu ke depan, kotak suaranya jangan pakai kardus tapi menggunakan bahan yang transparan atau tembus pandang seperti di luar negeri sehingga kita akan lebih mantap," katanya.

Warga lainnya, Yayuk mengaku sudah berlatih mencoblos dan melipat surat suara sehingga tidak ada kesulitan saat menggunakan hak pilihnya di bilik suara.

"Apalagi sebelum berangkat ke TPS, saya sudah menentukan siapa saja yang akan dipilih sehingga lebih cepat, enggak sampai lima menit selesai," katanya.

Ketua KPPS 02 Kelurahan Pabuwaran Djoni Teguh Suprijana mengatakan hiasan di TPS 02 mengambil konsep persaudaraan, cinta damai, dan kalah atau menang harus sabar.

Oleh karena itu, kata dia, bagi yang menang harus membangun Indonesia, sedangkan bagi yang kalah harus mendukung yang menang.

"Jumlah pemilih di TPS Cinta Damai (TPS 02 Kelurahan Pabuwaran, red.) ini sebanyak 259 orang. Mereka sudah datang ke TPS sejak pagi," katanya.

Selain di TPS 02 Kelurahan Pabuwaran, antusiasme warga untuk menggunakan hak pilihnya juga terlihat di TPS 14 Kelurahan Sumampir dan TPS 15 Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, serta TPS-TPS lainnya di berbagai wilayah kota Purwokerto seperti Sokanegara, Purwanegara, dan Kranji.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, jumlah pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Serentak 2019 sebanyak 1.350.700 orang yang tersebar di 5.437 TPS.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Pasien RSCM Jakarta keluhkan tidak bisa memilih Sebelumnya

Pasien RSCM Jakarta keluhkan tidak bisa memilih

KPU dukung revisi UU Pemilu Selanjutnya

KPU dukung revisi UU Pemilu