pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Alumni pesantren Jawa Timur kompak menangkan Jokowi-Ma'ruf

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Para alumni dari berbagai pondok pesantren yang ada di Jawa Timur, seusai mengucapkan ikrar untuk mendukung pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, di Pondok Pesantren An Nur 1, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Senin, (8/4/2019) (Vicki Febrianto)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Para alumni dari berbagai pondok pesantren yang ada di wilayah Jawa Timur, sepakat untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Wakil Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Anwar Iskandar mengatakan bahwa, para alumni dari berbagai pondok pesantren yang ada di Jawa Timur tersebut, berkumpul untuk menyamakan pendapat tentang pemilihan presiden 2019.

"Pertama, acara ini merupakan silaturahim. Kedua, untuk menyamakan pendapat tentang pemilihan presiden pada 2019, yang sudah dibacakan ikrarnya. Semua sepakat untuk memenangkan pasangan nomor urut 01 pada 17 April 2019," ujar KH Anwar, di Pondok Pesantren An Nur 1, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Senin.

Para santri yang hadir dalam ikrar tersebut, merupakan para alumni dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Pondok Pesantren Ploso Kediri, Pondok Pesantren Langitan Tuban, Pondok Pesantren Paiton Probolinggo, Pondok Pesantren Salafiyah Malang, dan lainnya.

KH Anwar mengatakan, pola yang akan digerakkan oleh para alumni pondok pesantren tersebut adalah, mereka memiliki basis suara, atau paling tidak memiliki santri di tiap-tiap desa yang menjadi wilayah tempat tinggal mereka. Melalui para alumni tersebut, kesepakatan ini akan disampaikan kepada para santri mereka.

"Para alumni tersebut, akan menyampaikan keputusan ini, sehingga nantinya menjadi suara. Yang datang saat ini kurang lebih sebanyak 1.500 santri, masing-masing punya jamaah atau pesantren sendiri, mereka akan sosialisasi," ujar KH Anwar.

Senada dengan KH Anwar, Pengasuh Pondok Pesantren An Nur 1 Bululawang, Kabupaten Malang, KH Ahmad Fahrur Rozi atau yang biasa dikenal sebagai Gus Fahrur, menyatakan bahwa dikumpulkannya para alumni tersebut untuk mendengarkan seruan dari para Kiai masing-masing dan menyatukan suara.

"Seruan itu mengarahkan santrinya untuk mendukung pasangan nomor urut 01. Saya sebagai alumni dari Pesantren Lirboyo, punya kewajiban moral untuk menyampaikan seruan Kiai yang ada di wilayah Malang Raya," ujar Gus Fahrur.

Menurut Gus Fahrur, dari seruan tersebut, nantinya akan digerakkan untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pemilu 2019.

Pemilu 2019 akan diikuti oleh dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yakni pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, dan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
KPU percepat pendistribusian pengganti surat suara yang rusak Sebelumnya

KPU percepat pendistribusian pengganti surat suara yang rusak

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran