KPU Surakarta mulai pelipatan surat suara untuk pemilu legislatif

Kapolda Metro Jaya tinjau keamanan KPU RI
Puluhan tenaga kerja sedag melakukan sortir dan pelipatan surat suara anggota DPD persiapan Pemilu 2019, di Kantor KPu Surakarta, Senin. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)
Solo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta mulai menyortir dan melipat surat suara untuk pemilihan umum legislatif 2019 di Kantor KPU Surakarta, Senin, yang diperkirakan akan memakan waktu tujuh hingga 10 hari.

"Kami melibatkan sebanyak 246 tenaga kerja untuk melakukan sortir dan pelipatan surat suara Legislatif," kata Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti, di Surakarta, Senin,

KPU baru menyortir dan melipat surat suara untuk anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebanyak 430.439 lembar. Sedangkan, surat suara untuk anggota DPR RI, DPRD Provinsi, Kota atau Kabupaten diperkirakan baru dikirim ke Solo, pada Rabu (27/3).

"Surat suara di Solo, memang datangnya secara bertahap, khusus DPD dikirim dari perusahaan Percetakan Nasional (PN) RI, sedangkan DPR RI, DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten dicetak oleh perusahaan percetakan di Sentul Bogor," kata Nurul.

Dia mengatakan surat suara anggota DPD tiba di Kantor KPU Surakarta, pada Sabtu (23/3), sekitar pukul 12.00 WIB. Surat suara diambil dari perusahaan Percetakan Nasional dengan pengamanan dan pengawalan dari anggota polisi Polresta Surakarta.

Setibanya di Kantor KPU Surakarta, surat suara DPD langsung didistribusikan ke lima lokasi gudang yang ditunjuk KPU, yakni gedung bekas SDN Baturono di Kecamatan Pasar Kliwo, Aula kantor Kelurahan Serengan (Serengan), Gedung Serba Guna Kalurahan Karangasem (Laweyan), gudang kantor KPU Surakarta (Banjarsari), dan Kantor STP (Jebres).

"Kami berharap kegiatan sortir dan pelipatan surat suara anggota DPD cepat selesai sesuai target. Dengan mengerahkan 246 orang untuk melipat 430.439 surat suara," katanya.

Menurut dia, sebanyak 246 tenaga kerja tersebut dibagi untuk bertugas di gedung SDN Baturono sebanyak 44 orang, di aula kantor Kelurahan Serengan 24 orang, gedung Kelurahan Karangasem 37 orang, Kantor STP ada 63 orang, dan gudang KPU 78 orang.

Menyinggung pengamanan kegiatan sortir dan pelipatan suara setiap gudang, di menjelaskan, dilakukan secara ketat oleh petugas Polresta Surakarta yang dibantu Linmas daerah setempat.

Bahkan, lanjut dia, saat kedatangan surat suara anggota DPD di KPU Surakarta juga hadir Kapolresta Surakarta.

KPU Surakarta sebelumnya telah selesai menyortir melipat surat suara untuk Pilpres 2018 sebanyak 430.439 lembar dengan melibatkan sebanyak 22 mahasiswa sebagai tenaga kerja. KPU kini tinggal menunggu kedatangan surat suara untuk anggota DPR RI, DPRD Provinsi, Kota/kabupaten. ***2***
Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019
Jokowi kisahkan perjalanan hidupnya di hadapan anak muda Banyuwangi Sebelumnya

Jokowi kisahkan perjalanan hidupnya di hadapan anak muda Banyuwangi

BPN akan ajukan gugatan ke MK Selanjutnya

BPN akan ajukan gugatan ke MK