Polda Banten simulasi sistem pengamanan kota jelang Pemilu 2019

Menpan RB : hak politik ASN hanya di bilik suara
Personel gabungan Polda Banten dan TNI melakukan simulasi pengamanan pemilu di Alun-alun Barat Kota Serang, Rabu (13/03/2019. (ANTARA/mulyana)
Kegiatan simulasi ini merupakan suatu bentuk konsep operasi pengamanan yang telah ditentukan dengan melakukan langkah-langkah koordinasi lintas sektoral. Selain itu, untuk menyesuaikan potensi gangguan keamanan yang akan muncul di masa pemilu ini
Serang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Banten melakukan simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota, dalam rangka menghadapi situasi kontijensi konflik sosial pada pelaksanaan pemilu 2019 di wilayah hukum Polda Banten.

"Kegiatan simulasi ini merupakan suatu bentuk konsep operasi pengamanan yang telah ditentukan dengan melakukan langkah-langkah koordinasi lintas sektoral. Selain itu, untuk menyesuaikan potensi gangguan keamanan yang akan muncul di masa pemilu ini," kata Kepala Biro Operasional Polda Banten Kombes Pol Alimuddin Roemtaat, di Alun-Alun Barat Kota Serang, Rabu.

Roemtaat mengatakan, sebelum melaksanakan simulasi pihaknya bersama tim gabungan melaksanakan apel bersama dilapangan alun-alun barat yang melibatkan seribu personil gabungan yang terdiri dari Satuan Brimob, Satpol PP, TNI, Korem serta Polres dan Polsek setempat.

"Hari ini kami mengadakan gladi bersih dan apel sebelum dilakukannya simulasi sitem pengamanan kota, agar nantinya kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar," kata Roemtaat.

Ia menjelaskkan tujuan simulasi terseburt adalah bagaimana cara kerja sistem sistem pengamanan kota dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta bisa memberikan rasa aman dan nyaman khususnya menjelang masa puncak Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Banten.

"Insya Allah besok tanggal 14 Maret 2019, kita akan selenggarakan Peragaan Sistem Pengamanan Kota untuk menghadapi situasi kontijensi Pemilu yang dilaksanakan pada 17 April 2019," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi mengatakan, kegiatan simulasi sistem pengamanan kota untuk memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat Provinsi Banten, bahwa Polda Banten bersama Korem Maulana Yusuf, Lanal Banten, Gorda TNI AU, Satpol PP, KPU, Bawaslu dan seluruh penyelenggara pemilu 2019 telah siap mengamankan dan mensukseskan pesta demokrasi yang diadakan setiap lima tahun sekali.

"Mari kita dukung bersama-sama pemilu dengan aman, sejuk, damai dan kondusif. Sehingga tidak terjadi bentrokan yang akan menimbulkan konflik di masyarakat," kata Edy. 
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
KPU Kudus sosialisasi Pemilu 2019 kepada warga Samin Sebelumnya

KPU Kudus sosialisasi Pemilu 2019 kepada warga Samin

Polda Kalbar turunkan 634 personel amankan kampanye Capres 01 Jokowi Selanjutnya

Polda Kalbar turunkan 634 personel amankan kampanye Capres 01 Jokowi