pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Zulkifli Hasan: Pemilu 2019 bukan ajang perang

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan saat memberikan sambutan di sela menghadiri Forum Pikiran, Akal, dan Nalar (PAN) di Surabaya, Selasa (5/3). (Foto Didik Suhartono)
Surabaya (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menegaskan Pemilihan Umum 2019 bukan merupakan ajang perang, tapi momentum menentukan arah pembangunan Indonesia ke depan.

"Pemilu bukan perang total atau perang badar, tapi untuk menentukan arah Indonesia, arah publik dan arah masyarakat yang akan datang," ujarnya usai menghadiri Forum Pikiran, Akal, dan Nalar (PAN) di Surabaya, Jatim, Selasa.

Karena itulah, kata dia, jika kader di partainya diberi amanat untuk menjadi pemimpin dan wakil rakyat akan dilaksanakan 12 perintah bela rakyat dan umat.

Zulhas, sapaan akrabnya, menjelaskan 12 perintah bela rakyat dan umat itu di antaranya meliputi segenap kader PAN wajib meneruskan perjuangannya kepada nilai-nilai luhur agama, dan selalu menjaga kebersamaan di tengah kemajemukan.

Selain itu, seluruh kader PAN wajib menegaskan bahwa beragama adalah pondasi berbangsa, sebagaimana Pancasila menaruh Ketuhanan yang Maha Esa sebagai sila pertama.

"PAN mewajibkan kadernya menjaga prinsip berlomba-lomba untuk kebaikan (Fastabiqul Khoirot). PAN juga tegas memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme," ucapnya.

Tak itu saja, Ketua MPR RI itu menyampaikan bahwa haram bagi kader PAN menjadi sumber masalah, tapi harus aktif memberi solusi dan jalan keluar untuk permasalahan di masyarakat.

"Yang perlu diingat, kader PAN juga harus berikhtiar untuk Indonesia lebih baik, terus bekerja menyentuh hati rakyat dan umat, bukan dengan janji kosong," tutur Zulhas.

Baca juga: Bamsoet yakin tidak ada "perang badar" dalam pemilu 2019

Baca juga: JK singgung pernyataan perang badar Amien Rais
Pewarta:
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019
Puan yakin KH Ma'ruf Amin bisa jawab pertanyaan di debat ketiga Sebelumnya

Puan yakin KH Ma'ruf Amin bisa jawab pertanyaan di debat ketiga

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN Selanjutnya

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN