pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Wakil Ketua MPR sambut baik MK putuskan perkara PHPU Pilpres 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww)
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Syarifuddin Hasan menyambut baik langkah Mahkamah Konstitusi yang telah memutus perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Pilpres 2024 pada Senin (22/4).

"Kami selaku partai pengusung pasangan Prabowo-Gibran menyambut baik putusan MK ini. Hal tersebut menegaskan bahwa berbagai pretensi dan tudingan dalam proses pilpres ini tidak terbukti secara hukum. Syarat pencalonan Gibran sah dan konstitusional, begitu juga dengan pertanyaan atas netralitas presiden serta aparat negara, semuanya tidak terbukti," kata Syarief Hasan, sapaan akrabnya, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih Pilpres 2024.

Baca juga: Bamsoet ajak semua pihak rekonsiliasi usai MK putuskan PHPU Pilpres

Syarief mengatakan setelah MK memutuskan menolak seluruh permohonan yang diajukan pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md maka rangkaian Pilpres 2024 telah dinyatakan selesai.

"Saatnya menyambut pemimpin baru yang akan membawa Indonesia maju dan sejahtera," ujarnya.

Syarief menambahkan banyak tantangan yang muncul, mulai dari dinamika geopolitik global, guncangan ekonomi, bahkan perubahan iklim sehingga membutuhkan sinergi kolektif semua komponen bangsa.

Baca juga: Wakil Ketua MPR minta pemerintah mitigasi pelemahan rupiah

Menurut ia, berbagai kebijakan baik dari pemerintahan sebelumnya patut dilanjutkan dan apabila masih ada kekurangan maka diperbaiki.

"Program hilirisasi dan industrialisasi, terutama sumber daya ekstraktif dan pertahanan adalah prioritas dalam menghadapi dunia yang tidak berkepastian. Kita harus mewujudkan peningkatan nilai tambah dan penguatan pertahanan semesta. Hal ini harus dimulai dengan modernisasi alutsista dan pengarusutamaan industrialisasi pertahanan," tuturnya.

Ia juga menegaskan komitmennya dalam mendukung dan mengawal pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kita berdoa semoga Indonesia senantiasa dirahmati Tuhan Yang Maha Kuasa dan pasangan Prabowo-Gibran diberikan kelancaran dalam menjalankan pemerintahan. Saatnya semua komponen bangsa bersatu, menatap ke depan, menuju Indonesia maju dan sejahtera," kata Syarief.

Baca juga: Ketua MPR ajak elemen bangsa hormati putusan MK
Baca juga: MK tolak seluruh permohonan Anies-Muhaimin
Baca juga: MK tolak seluruh permohonan Ganjar-Mahfud
Pewarta:
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024
Waketum NasDem datangi rumah Prabowo setelah 02 menang di MK Sebelumnya

Waketum NasDem datangi rumah Prabowo setelah 02 menang di MK

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan