pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Tom Lembong: AMIN bakal kejar pajak orang kaya tingkatkan "tax ratio"

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Thomas Lembong dalam diskusi "Pemuda Harsa: Bangga Bicara" di Jakarta, Jumat (09/02/2024). ANTARA/Agatha Olivia Victoria.
Jakarta (ANTARA) - Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Thomas Lembong mengatakan rencana pasangan AMIN untuk mengejar pajak orang kaya bertujuan meningkatkan rasio perpajakan (tax ratio) Indonesia.

Menurut ia, rasio perpajakan Indonesia termasuk yang paling rendah dibandingkan negara-negara ASEAN, seperti Filipina yang mencapai 17 persen. Sedangkan realisasi sementara rasio perpajakan Indonesia pada 2023 sekitar 10,21 persen.

"Untuk meningkatkan rasio pajak ini, Indonesia harus menaikkan tarif pajak. Jadi, kami akan mengejar kenaikan tarif pajak itu dari orang-orang yang punya harta besar, katakanlah 1 persen orang terkaya di negara ini," ucap pria yang akrab disapa Tom Lembong tersebut dalam diskusi "Pemuda Harsa: Bangga Bicara" di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Tom Lembong ajak Muhammadiyah kampanyekan gagasan guna menangkan AMIN

Tom menyebut target kenaikan rasio perpajakan pasangan AMIN termasuk konservatif, yakni menjadi sebesar 16 persen pada 2029.

Dengan demikian, lanjut dia, angka tersebut cenderung lebih mudah tercapai dibandingkan target pasangan calon lain yang cukup ambisius.

Mantan Menteri Perdagangan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal itu menambahkan jika rasio perpajakan ditargetkan meningkat sangat ambisius maka akan terdapat kemungkinan kenaikan tarif pajak secara keseluruhan dan berpotensi membebani masyarakat kelas menengah dan bawah.

Baca juga: Timnas AMIN sebut kurang rasional naikkan pajak sektor hiburan

Untuk itu, pasangan AMIN memilih mengerek target rasio perpajakan secara konservatif, dengan salah satu cara meningkatkan rasio perpajakan tersebut, yakni dengan meningkatkan pajak orang kaya di Indonesia. Namun, di saat bersamaan, AMIN akan mengakomodasi tarif pajak di kelas menengah.

Menurut Tom, kelas menengah merupakan lapisan penghasilan yang cukup rentan sehingga harus diringankan beban pajaknya.

Dalam masyarakat kelas menengah, mayoritas merupakan generasi sandwich atau kondisi ketika seorang anak yang telah mulai berkeluarga, namun harus tetap menanggung beban keuangan kehidupan orang tuanya.

"Biasanya generasi ini baru mulai mendapat gaji yang lumayan, tapi harus take care orang tua dan juga membayar uang sekolah anak-anaknya," ucap dia.

KPU RI juga telah menetapkan tiga pasangan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Baca juga: Kapten Timnas AMIN: Kalau perlu saksi dan relawan menginap di TPS
Baca juga: Timnas AMIN nilai narasi pilpres satu putaran tidak perlu digaungkan
Pewarta:
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024
Ganjar targetkan kemenangan mutlak di Kabupaten Bogor Sebelumnya

Ganjar targetkan kemenangan mutlak di Kabupaten Bogor

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan