pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Banyak diserang dan difitnah, Gibran: Kita "senyumin" saja

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat memberikan penyampaian visi misi dihadapan pendukungnya dalam kegiatan kampanye akbar "Posko Pemilih Prabowo-Gibran atau Kopi Pagi" di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/2/2024). ANTARA/Rubby Jovan/aa.

Kabupaten Bandung (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka meminta para pendukungnya untuk menanggapi dengan santai jika menemukan banyak serangan dan fitnah terhadap dirinya menjelang hari pencoblosan Pemilu 2024.

"Saya minta Bapak dan Ibu semua, yang aktif di sosial media, tidak perlu ditanggapi, tidak perlu diserang balik, tidak perlu fitnah dibalas dengan fitnah. Kita senyumin aja," kata Gibran saat kampanye akbar "Posko Pemilih Prabowo-Gibran (Kopi Pagi)" di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat sore.

Gibran mengatakan hal itu untuk menanggapi adanya serangan maupun berita negatif terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran menjelang hari pemungutan suara Pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari mendatang.

Wali Kota Surakarta itu menegaskan komitmennya untuk tetap fokus pada visi dan misi yang diemban, tanpa terpengaruh oleh gangguan dari pihak lain.

"Kita fokus saja sama program yang kita punya. Jangan menjelek-jelekkan program dari pasangan calon lain," kata Gibran.

Baca juga: Relawan gelar konvoi dari monas untuk sapa pendukung Prabowo-Gibran

Di hadapan para pendukungnya, putra sulung Presiden Joko Widodo itu meminta jangan sampai ada masyarakat pemilih yang tidak menggunakan hak suara mereka, meskipun banyak survei menyatakan elektabilitas pasangan calon tersebut mencapai 50 persen.

"Survei yang sudah di atas 50 persen itu tidak ada artinya kalau banyak yang golput (golongan putih). Jangan terlena dengan hasil survei yang sudah tinggi," kata Gibran.

Dalam orasinya, Gibran mengatakan dirinya bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan terus melanjutkan program yang telah direncanakan dan dijalankan oleh pemerintahan Jokowi supaya Indonesia menjadi lebih baik.

"Bapak dan Ibu pasti setuju kan kalau program-program yang ada sekarang dilanjutkan, PKH (Program Kartu Harapan), KIS (Kartu Indonesia Sehat), KIP (Kartu Indonesia Pintar). Nanti akan dilanjutkan dan cakupannya akan diperluas," ujarnya.

Baca juga: Kaesang: Penghapusan kartu tani jadi aspirasi terbanyak diterima PSI

Pada hari terakhir kampanye Pilpres 2024, Sabtu (10/2), Prabowo-Gibran menutup kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Pasangan Prabowo-Gibran paling banyak dipilih warga Muhammadiyah

Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024
Kampanye hari terakhir di dua tempat, Ganjar: Banyak orang ingin hadir Sebelumnya

Kampanye hari terakhir di dua tempat, Ganjar: Banyak orang ingin hadir

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran