pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Relawan Prabowo-Gibran buat aplikasi Suarapagi.id untuk cegah golput

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Relawan pendukung Prabowo-Gibran memamerkan aplikasi Suarapagi.id dari gawai mereka saat acara peluncuran Suarapagi.id di pelataran rumah Prabowo di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Senin (29/1/2024). ANTARA/HO-TKN Prabowo-Gibran.
Jakarta (ANTARA) - Relawan pendukung pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka membuat aplikasi Suarapagi.id yang bertujuan salah satunya untuk mencegah pemilih muda tidak menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara pemilu 2024 alias golongan putih (golput).

Koordinator Nasional Suarapagi.id Mohammad Iqbal menjelaskan pemilih muda merupakan mayoritas pemilih pemilu 2024, sehingga aplikasi itu pun dibuat untuk menyasar kelompok tersebut.

“Aplikasi ini akan kami gunakan untuk kampanye digital di dua minggu menjelang pemilu. Ini penting mengingat mayoritas pemilih kita adalah milenial dan gen Z,” kata Iqbal saat acara peluncuran aplikasi Suarapagi.id di pelataran rumah Prabowo di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Senin.

Dia pun berharap adanya aplikasi itu juga menjadi wadah edukasi bagi para pemilih muda, yang dikenal apatis dalam politik. Tujuannya, mereka menjadi lebih aktif dan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.

“Di situ akan ada informasi terkait lokasi TPS (tempat pemungutan suara) terdekat, lalu ada simulasi surat suara agar milenial dan gen Z ini tidak canggung saat berada di bilik suara. Ini langkah konkret kami untuk meminimalisir golput dan memenangkan Prabowo-Gibran sekali putaran,” kata Iqbal.

Dia menjelaskan aplikasi pun menjadi wujud hilirisasi digital — program yang digaungkan oleh Gibran Rakabuming Raka saat debat Pilpres 2024.

Di lokasi peluncuran aplikasi, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dedek Prayudi menyambut baik inovasi dari relawan itu.

“Saya mendengar aplikasi ini didanai sendiri oleh para relawan tanpa pakai duit TKN. Artinya, keikhlasan membangun Indonesia yang telah dicontohkan Pak Prabowo sudah menular sampai di tingkat relawan dan masyarakat,” kata Dedek.

Dia pun menilai aplikasi Suarapagi.id cukup mudah dioperasikan. Dia pun mengimbau para pendukung dan kelompok relawan yang lain menggunakan aplikasi tersebut.

“Bapak, Ibu jangan ragu kalau menginginkan Indonesia maju dan bersatu maka 14 Februari ajak anak-anaknya yang milenial dan gen Z yang biasanya malas bangun pagi. Ayo dibangunkan adik-adiknya, anaknya untuk ke TPS dan memenangkan Prabowo-Gibran,” kata Jubir TKN Prabowo-Gibran itu.

Baca juga: Ikrar relawan pemenangan Prabowo Gibran warnai Fun Run di Manado
Baca juga: Relawan Prabowo-Gibran bagikan 500 susu UHT kepada warga Klender
Baca juga: Relawan Tim Dozer Tanah Bumbu deklarasi menangkan Prabowo-Gibran


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11–13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.
 
Pewarta:
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024
Istana serahkan "misteri dua jari" di mobil presiden pada Bawaslu Sebelumnya

Istana serahkan "misteri dua jari" di mobil presiden pada Bawaslu

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih Selanjutnya

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih