pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Bappilu Nasdem optimis masuk dua besar di Pemilu 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Koordinator Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem Prananda Surya Paloh ANTARA/HO-Partai NasDem
Jakarta (ANTARA) - Koordinator Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem Prananda Surya Paloh optimistis partai-nya akan menjadi pemenang kedua dalam Pemilu 2024.

"NasDem mempunyai kans besar untuk menjadi dua besar nasional, di Papua, kami akan juara, seluruh Sulawesi akan juara, seluruh Kalimantan akan juara. NTT, NTB, Bali masuk dua besar, Pulau Jawa dua besar, dan harapan saya Sumatera Utara adalah benteng kekuatan Partai NasDem," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Prananda meyakini bahwa tahun 2024 ini adalah tahun kemenangan Partai NasDem. Hal itu didasari hasil kerja politik Bappilu dan cottail effect dari calon presiden yang diusung yakni Anies Baswedan.

Baca juga: NasDem: Gerakan Nazar Nasional bukti dukungan ke AMIN makin banyak

Baca juga: Said Aqil ibaratkan "semut" saat berkunjung ke NasDem Tower


Prananda yang juga anggota DPR RI itu meyakini di Pemilu 2024, NasDem akan memenangkan sedikitnya 90-100 Kursi. Lanjut dia, capaian kursi tersebut dibutuhkan untuk mewujudkan perubahan di Parlemen dan melahirkan kebijakan-kebijakan yang lebih berpihak kepada rakyat. Selain itu, masyarakat semakin butuh akan perubahan di tengah kondisi hidup yang serba sulit.

"14 Februari nanti adalah pertandingan terbesar, pemilu yang berbeda dengan sebelumnya, karena kita juga akan memilih presiden yang baru, yaitu presiden yang siap membawa perubahan, kebaikan, dan kesejahteraan di tengah kondisi masyarakat yang memburuk. Sehingga tidak perlu ragu untuk memilih Anies Baswedan," katanya menegaskan.

NasDem melihat 2024 sebagai momentum besar, mengingat pada dua pemilu sebelumnya, partai besutan Surya Paloh tersebut mengalami tren peningkatan kursi yang besar di Parlemen. Pada Pemilu 2014 Partai NasDem meraih 35 kursi, kemudian pada Pemilu 2019 meningkat hampir 100 persen menjadi 59 Kursi.

kata dia, Pemilu 2024 ini menjadi tantangan besar apakah perolehan kursi NasDem di DPR RI akan kembali meningkat atau justru menurun. Lanjut dia, dua episode pemilihan presiden terakhir intuisi Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai NasDem belum pernah meleset. Untuk itu, Prananda berharap bahwa inisiasi Partai NasDem mengusung Anies Baswedan akan berdampak positif pada cita-cita Restorasi Indonesia yang diperjuangkan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Selain itu, KPU telah menetapkan 24 partai politik peserta pemilu, termasuk partai politik nasional dan partai lokal di Provinsi Aceh. Parpol itu yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Ummat.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024
KPU: 60 persen dari 204 juta pemilih adalah generasi muda Sebelumnya

KPU: 60 persen dari 204 juta pemilih adalah generasi muda

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih Selanjutnya

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih